5 Alasan Semangka Ramai Jadi Simbol Dukungan terhadap Palestina

Jum'at, 03 November 2023 - 15:26 WIB
loading...
5 Alasan Semangka Ramai Jadi Simbol Dukungan terhadap Palestina
Semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina di media sosial. Foto/Bon Appetit
A A A
JAKARTA - Semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina di media sosial. Banyak netizen yang yang menggunakan gambar atau emoji semangka pada setiap unggahannya.

Seperti yang diketahui, dukungan masyarakat terhadap Palestina saat ini sangat gencar di media sosial. Namun, sangat miris ketika ada sejumlah platform media sosial yang memblokir konten berisi tentang dukungan untuk Palestina.

Hal ini yang menjadikan warganet, termasuk para tokoh publik, seperti selebritis dan influencer berupaya membuat postingan dukungan terhadap Palestina tanpa menyebutkan secara gamblang.



Lantas, mengapa yang menjadi simbol adalah buah semangka? Berikut alasannya.

Alasan Semangka Menjadi Simbol Dukungan Palestina


1. Buah Asli Negara Palestina


Semangka adalah buah yang sudah tumbuh di Timur Tengah selama berabad-abad, termasuk di Palestina. Buah ini memiliki nilai sejarah dan budaya bagi masyarakat Palestina.

2. Memiliki Warna Sama dengan Bendera Palestina


Dilansir dari Aljazeera, buah semangka memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hitam, putih, dan hijau. Warna-warna ini melambangkan darah, tanah, perdamaian, dan harapan bagi bangsa Palestina.

3. Simbol Identitas Nasional


Buah semangka digunakan sebagai bentuk protes terhadap larangan pengibaran bendera Palestina oleh pemerintah Israel. Mengutip dari Washington Post, larangan tersebut dimulai pada tahun 1967, setelah Perang Enam Hari.



Israel menguasai wilayah Palestina dan melarang penggunaan bendera Palestina di wilayah pendudukan. Untuk menghindari larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai simbol identitas nasional mereka.

4. Simbol Perlawanan


Buah semangka juga digunakan sebagai bentuk perlawanan terhadap penindasan Israel terhadap tanah dan sumber daya Palestina. Semangka adalah salah satu hasil pertanian yang ditanam oleh petani Palestina di lahan-lahan yang terancam dirampas oleh Israel.

Semangka juga menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat Palestina. Terutama bagi masyarakat yang hidup di wilayah Gaza.

5. Bentuk Solidaritas


Buah semangka juga digunakan sebagai bentuk solidaritas dan dukungan terhadap Palestina dari seluruh dunia. Banyak orang yang menggunakan gambar atau emoji buah semangka di media sosial untuk menunjukkan simpati dan kepedulian mereka terhadap nasib rakyat Palestina yang menderita akibat agresi Israel.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2712 seconds (0.1#10.140)