Dikutuk Dunia, Israel Siap Hidupkan Kembali Internet di Gaza

Minggu, 29 Oktober 2023 - 15:53 WIB
loading...
Dikutuk Dunia, Israel Siap Hidupkan Kembali Internet di Gaza
Israel Siap Hidupkan Kembali Internet di Gaza. FOTO/ TEHRAN NEWS
A A A
GAZA - Kelompok pemantau data jaringan real-time menunjukkan bahwa konektivitas internet sedang dipulihkan di Jalur Gaza.



Hal tersebut diberitahukan oleh kelompok pemantau internet NetBlocks melalui situs sosial X.

NetBlocks mengatakan bahwa konektivitas telah kembali ke tingkat yang "serupa dengan sebelum perang". Namun, pemantau itu memperingatkan bahwa konektivitas masih "tidak stabil" dan "dapat terganggu" oleh serangan udara Israel di masa depan.

Beberapa jurnalis di Gaza juga menginformasikan bahwa mereka kini dapat melakukan panggilan telepon dan mengakses media sosial.

Jaringan komunikasi di Gaza terputus sejak Jumat malam lalu.

Masalah ini membuat Gaza hampir sepenuhnya terputus dari dunia luar ketika Israel mengumumkan telah memulai tahap kedua perang yang panjang dan sulit dengan Hamas.

Kemarin, Penasihat Senior Benjamin Netanyahu, Mark Regev mengatakan kepada program BBC Today bahwa mengganggu komunikasi musuh merupakan perilaku standar.

Ketika ditanya secara langsung apakah Israel sengaja memutus komunikasi ke Gaza, Regev tidak mengakuinya.

“Saya tidak mengatakan itu. Saya hanya mengatakan bahwa ini adalah praktik umum yang dilakukan oleh tentara demokrasi Barat,” katanya seperti dilansir dari Vion News, Minggu (29/10/2023).

Pemutusan internet itu menuai kecaman internasional, dengan para kritikus mengatakan bahwa itu merupakan upaya untuk membatasi akses warga Gaza ke informasi dan komunikasi.

Elon Musk, pendiri SpaceX, telah menawarkan untuk membantu memulihkan konektivitas internet di Gaza melalui jaringan satelit Starlink-nya.

Musk mengatakan bahwa Starlink telah menyediakan konektivitas ke sejumlah organisasi bantuan di Gaza, termasuk Palang Merah Palestina dan UNICEF.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4955 seconds (0.1#10.140)