Mencoba Honda Motocompacto, Skuter Listrik Masa Depan yang Bisa Dilipat

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:20 WIB
loading...
Mencoba Honda Motocompacto, Skuter Listrik Masa Depan yang Bisa Dilipat
SINDONews saat mencoba Honda Motocompacto di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023, skuter listrik masa depan Honda yang ramah lingkungan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
TOKYO - Setelah dikenalkan di Amerika, e-scooter Honda Motocompacto muncul di pameran Japan Mobility Show 2023, di Tokyo Big Sightpada 28 Oktober-5 November 2023. Apakah ini jadi bentuk transportasi masa depan yang paling masuk akal?

Pada 1980an, Honda pernah punya alat transportasi yang ikonik. Namanya, Honda Motocompo. Motocompo merupakan paket yang dibuat Honda untuk mendampingi Honda City circa 1981-1983. Di Amerika, skuter kecil itu disebut Trunk Bike karena diletakkan di dalam bagasi belakang Honda City.

Mencoba Honda Motocompacto, Skuter Listrik Masa Depan yang Bisa Dilipat

Honda menjual skuter Motocompo sejak November 1981 hingga 1983. Total, diperkirakan ada 53.369 unit Motocompo yang terjual selama ini. Memiliki bobot 42 kg, Motocompo mengusung mesin AB12E 2-tak berkapasitas 49 cc menghasilkan tenaga 2,5 hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi 0,38 kg-m pada 4.500 rpm. Dengan transmisi otomatis 1-speed, Motocompo membutuhkan konsumsi bensin 70 km/liter pada kecepatan rata-rata 30 km/jam.

Desain Motocompo yang unik dan bisa dilipat membuat skuter ini jadi barang langka, dicari kolektor, dihargai puluhan juta rupiah. Nah, di Japan Mobility Show 2023, Honda pamer versi terbaru dari produk skuter motocompact nya yang diberi nama Honda Motocompacto.

Mencoba Honda Motocompacto, Skuter Listrik Masa Depan yang Bisa Dilipat

Untuk pertama kalinya SINDONews melihat skuter tersebut dari dekat dan cukup terkejut. Sebab, ukurannya sangat ramping, ultra-compact, dan dapat dilipat.

Tujuan Motocompacto memang sedikit berbeda dengan Motocompo. Tidak hanya ingin jadi perangkat mobilitas yang ringkas dan dapat dibawa-bawa, tapi juga ramah lingkungan serta rendah emisi karbon.

Menariknya lagi, desainer Honda juga tetap menjunjung tinggi kenyamanan. Ini terasa ketika SINDONews duduk di Motocompacto. Walau tipis, tapi kursinya sangat nyaman. Pijakan kaki juga enak.

Klaim Honda, skuter ini bisa dibawa di dalam pesawat, memiliki speedometer digital, pengukur pengisian daya, serta terdapat pegangan jinjing yang nyaman.

Kenyamanan Motocompacto didukung dimensi kendaraan yang ringkas dengan panjang 38,1 inci, tinggi 35 inci, lebar 17,2 inci, tinggi tempat duduk 24,5 inci serta berat 41,3 pon.

Saat kendaraan dilipat jadi lebih kecil lagi. Dimensinya berubah jadi panjang 29,2 inci, tinggi 21,1 inci serta lebar kendaraan yang menjadi 3,7 inci. Disamping dimensi kendaraan ringkas, skuter listrik ini memiliki kapasitas daya baterai dalam kendaraan ini adalah 6.8Ah dan memiliki waktu pengisian baterai selama 3.5 jam dengan daya 110v.

Skuter ini memiliki kecepatan maksimum 24 km per jam dengan kapasitas jarak maksimum yang dapat ditempuh sejauh 19 km. Oleh karena itu, Motocompacto sangat cocok digunakan untuk berkeliling kota hingga berkeliling lingkungan kampus.



Motocompacto jadi bagian dari strategi global Honda yang ingin jadi perusahaan yang benar-benar ramah lingkungan pada 2050 melalui pendekatan "Triple Action to Zero", termasuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan, pemanfaatan 100% energi terbarukan, dan sirkulasisumberdaya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4078 seconds (0.1#10.140)