Prakiraan Cuaca pada Aplikasi Smartphone Sering Meleset, BMKG Ungkap Penyebabnya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:39 WIB
loading...
A A A
"Termasuk BMKG yang selalu mengirimkan data ke WMO secara otomatis melalui jaringan komunikasi satelit, untuk dihimpun menjadi data global. Namun, perlu dipahami bahwa data dan informasi yang dikirimkan oleh BMKG hanya terbatas data dari 59 stasiun pengamatan di Indonesia yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera," paparnya.
Prakiraan Cuaca pada Aplikasi Smartphone Sering Meleset, BMKG Ungkap Penyebabnya


Kemudian oleh institusi non pemerintah, data global tersebut selanjutnya diolah, dimodelkan, dan didownscale guna menghasilkan prakiraan cuaca di kota-kota atau di berbagai daerah di Indonesia. “Terbatasnya data tersebut tentu saja tidak mampu merepresentasikan kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia," tambah Guswanto.

Dwikorita menambahkan, pemodelan global yang didownscale tersebut tentunya tidak cukup akurat untuk merepresentasikan kondisi faktual di Indonesia yang sangat kompleks dan dinamis. Terlebih, kondisi cuaca dan iklim Indonesia sangat dipengaruhi oleh Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta Benua Asia dan Benua Australia.



Ditambah, kata Dwikorita, wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilewati oleh garis khatulistiwa dengan kondisi topografi yang kompleks. Realitas ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap dinamika cuaca dan iklim di wilayah Indonesia.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)