Inggris Kembangkan Mikrochip Baru Agar Baterai Ponsel Tahan Satu Bulan, Setahun 12 Kali Ngecas

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 10:57 WIB
loading...
Inggris Kembangkan Mikrochip Baru Agar Baterai Ponsel Tahan Satu Bulan, Setahun 12 Kali Ngecas
Para ilmuwan di Universitas Cambridge sedang membuat inovasi agar baterai ponsel bisa bertahan selama satu bulan. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Para ilmuwan di Universitas Cambridge sedang membuat inovasi agar baterai ponsel bisa bertahan selama satu bulan. Untuk itu, mereka mengerjakan mikrochip yang bekerja sangat efisien sehingga perangkat ponsel hanya perlu diisi dayanya 12 kali setahun.

Menteri Teknologi Inggris Paul Scully mengatakan semikonduktor adalah fondasi dunia modern yang penting dalam segala hal mulai dari menjalankan mobil listrik hingga melawan penyakit. Pemerintah mengumumkan program dua tahun senilai 1,3 juta Poundsterling untuk beberapa start-up terpilih merevolusi kehidupan masyarakat Inggris.

Salah satunya, Vaire, startup semikonduktor yang didukung pemerintah untuk menjadikan Inggris sebagai yang terdepan dalam industri ini. Vaire mengembangkan mikrochip yang dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel dari gagasan tim peneliti matematika di Universitas Cambridge.



Idenya didasarkan pada perancangan prosesor chip silikon yang hampir tidak membutuhkan energi untuk mengoperasikannya. Hanya ada sedikit informasi mengenai pengembangkan mikrochip ini yang diketahui publik.

“Jika mereka benar-benar dapat memenuhi klaim terkait microchip tersebut, itu berarti Anda akan memiliki ponsel yang akan bertahan sebulan, bukan sehari,” kata Sean Redmond kepala eksekutif SiliconCatalyst.UK, dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Jumat (13/10/2023).

Langkah ini diambil pemerintah Inggris karena kekhawatiran atas dominasi China dalam sekro mikrochips. Pemerintah Inggris pada awal tahun ini mengumumkan akan menginvestasikan 1 miliar Poundsterling selama dekade berikutnya ke dalam industri chip Inggris.



“Semikonduktor adalah landasan perekonomian modern kita dan semakin menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Inkubator ini akan memastikan mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk merevolusi kehidupan masyarakat tidak hanya di Inggris, tetapi juga di seluruh dunia,” kata Scully.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)