5 Tips Menggunakan Earphone yang Aman, Perhatikan Volumenya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:03 WIB
loading...
5 Tips Menggunakan Earphone yang Aman, Perhatikan Volumenya
Penggunaan earphone secara berlebihan berpotensi menimbulkan gangguan pada telinga. (Foto: Health Partner)
A A A
JAKARTA - Cara menggunakan earphone penting diketahui agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Tanpa pengaturan yang tepat, penggunaan earphone secara berlebihan berpotensi menimbulkan gangguan pada telinga, seperti yang dialami anak Zaskia Adya Mecca. Dia mengalami mengalami iritasi di dasar telinga, hingga harus mendapatkan perawatan khusus.

Sejatinya, penggunaan earphone tidak berbahaya asal sesuai anjuran. Berikut cara menggunakan earphone yang tepat supaya tidak menyebabkan masalah telinga dirangkum dari HealthPartners, Rabu (11/10/2023).

1. Pastikan ukurannya pas

Jika earphone kamu memiliki ears tip yang berbeda, pastikan memilih yang ukurannya sesuai dengan telinga. Sebab, jika terlalu besar dapat melukai saluran telinga.


2. Pasang di telinga dengan benar

Setiap earphone memiliki huruf R atau L, pakailah sesuai dengan telinga kanan dan kiri. Tanda huruf R untuk kanan dan L untuk kiri. Jika memasangnya terbalik, bisa membuat telinga terluka.

Kemudian, saat memasukkan ears tip, miringkanlah ke atas dan ke arah depan kepala. Cara ini akan membantu menciptakan kesesuaian yang lebih baik karena saluran telinga mengarah ke depan dan atas kepala.

3. Pastikan telinga bersih

Bersihkan telinga secara teratur. Sebab, jika telinga kotor, kemungkinan besar akan terkena infeksi. Selain itu, konten audio tidak akan terdengar jelas.

4. Jaga earbud dalam volume yang aman

Gangguan pendengaran akibat earbud dicegah, asalkan volumenya tidak terlalu keras. Ketika telinga terkena suara dengan tingkat desibel yang tinggi, tekanan yang dihasilkan dapat merusak telinga.
Kisaran desibel berkisar dari 0 dB hingga 140 dB (kedengarannya sangat keras sehingga menimbulkan rasa sakit). Mendengarkan sesuatu yang melebihi 85 dB dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.



Untuk itu, bagi orang dewasa usahakan volume earbud Anda antara 60 dB dan 85 dB. Namun, telinga anak-anak tentu lebih sensitif. Maka, volume maksimal untuk anak-anak kurang dari 82 dB.

5. Istirahat teratur

Jangan lupa untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone. Karena bakteri dan jamur suka tumbuh di tempat yang gelap dan lembab, mencabut earbuds juga memberikan kesempatan bagi saluran telinga untuk mengeluarkan udara sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2765 seconds (0.1#10.140)