5 Cara Membuat Password yang Kuat, Penting Agar Data Penting Tak Bocor

Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:58 WIB
loading...
5 Cara Membuat Password yang Kuat, Penting Agar Data Penting Tak Bocor
Dengan membuat password yang kuat akan mencegah data sensitif bocor dan digunakan orang tak bertanggung jawab. Foto/Avast
A A A
JAKARTA - Cara membuat password yang kuat sangat penting untuk diketahui. Mengingat seiring dengan kemajuan teknologi, serangan siber semakin meningkat.

Dengan membuat password yang kuat akan mencegah data sensitif bocor dan digunakan orang tak bertanggung jawab. Lantas bagaimana cara membuat password yang kuat? Berikut langkah-langkahnya, dilansir dari laman resmi Avast, Selasa (10/10/2023).

1. Gunakan kombinasi karakter

Cara terbaik untuk membuat password yang kuat adalah dengan menggunakan kombinasi karakter baik itu dari huruf kapital, angka, dan karakter khusus. Jangan sekali-kali gunakan password dengan jenis karakter yang sama misalnya "abcde" atau "12345". Hindari juga karakter berulang, seperti “aaaaa” atau “0000”.


2. Jangan gunakan Informasi pribadi

Selanjutnya adalah tinggalkan informasi pribadi dari password, seperti tanggal lahir, warna kesukaan, nama panggilan, atau nama hewan peliharaan. Sebab, para hacker bisa saja mencoba memasukan password dari informasi pribadi dasar, yang bisa dijumpai di media sosial korban.

3. Gunakan 15 karakter atau lebih

Semakin panjang password maka akan semakin sulit juga bagi hacker memecahkannya. Pada gilirannya dapat memperpanjang jumlah waktu yang diperlukan untuk penjahat membobolnya.

4. Gunakan frasa sandi

Ambil lebih dari satu kata yang mudah ditebak untuk memperkuat password. Rangkai beberapa kata bersama untuk membuat frasa sandi ekstra panjang yang sangat tahan terhadap serangan. Jangan lupa untuk pastikan kata-kata di dalamnya tidak memiliki hubungan yang jelas satu sama lain.


5. Gunakan otentikasi dua faktor

Selain mengikuti langkah di atas, untuk menjaga keamanan bisa memanfaatkan otentikasi dua faktor (2FA). Pastikan semua aplikasi yang digunakan diautentikasi dan diunduh dari toko aplikasi resmi.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)
pixels