Waduh, Ternyata iPhone 15 Sulit Diperbaiki Secara Mandiri

Senin, 09 Oktober 2023 - 14:27 WIB
loading...
Waduh, Ternyata iPhone 15 Sulit Diperbaiki Secara Mandiri
Ponsel baru iPhone 15 harus digunakan lebih hati-hati karena hanya bisa diperbaiki oleh Apple sendiri. Foto: iFixit
A A A
JAKARTA - Situs niaga, iFixit , baru saja membongkar jeroan iPhone 15 untuk diketahui seluk-beluknya. Dari upaya tersebut diketahui ternyata iPhone 15 tidak boleh sembarangan diperbaiki selain oleh Apple sendiri.

Ini berbeda dengan klaim sebelumnya mengapa iPhone 15 dirancang lebih “ringkih” karena memang tujuannya agar pengguna bisa memperbaikinya sendiri.

Faktanya, apabila terjadi masalah, pemilik iPhone 15 mau tidak mau harus memperbaikinya ke toko Apple terdekat yang resmi. Hal itu diketahui setelah situs niaga, iFixt, membongkar jeroan iPhone 15 untuk diketahui seluk-beluknya.

iFixit memang dikenal selalu melakukan penelitian khusus terhadap segala jenis ponsel baru termasuk Apple. Mereka membongkar ponsel-ponsel baru itu guna mengetahui apakah perbaikan mandiri atau melalui pihak ketiga bisa dilakukan jika terjadi kerusakan.


“Untuk perbaikan iPhone 15 nilainya adalah 4 dari 10. Hal itu terjadi karena Apple banyak memasangkan suku cadang dengan komponen perangkat lunak," sebut iFixit.

Menurut Apple Insider. kondisi itu membuat perbaikan mandiri sangat sulit dilakukan. Perbaikan yang dilakukan di beberapa komponen perlu sangat hati-hati karena berhubungan langsung dengan software atau perangkat lunak.

Jadi, butuh tangan-tangan ahli dari Apple yang bisa memperbaiki ponsel itu jika terjadi masalah. Apple Insider bahkan menyebutkan di bagian baterai terdapat peringatan agar tidak sembarangan mencopot baterai iPhone 15.

“Hati-hati, ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi resmi yang sudah terlatih," tulis peringatan yang dibuat Apple. Lebih lanjut iFixit juga banyak menemukan hal baru setelah membongkar iPhone 15. Mereka melihat secara komposisi, jeroan iPhone 15 ternyata tidak jauh berbeda dengan iPhone 14.



Mereka juga melihat ada perbedaan yang sangat drastis dari kamera yang ada di iPhone 15 dengan iPhone 15 Pro. Meski sama-sama kamera 48 megapiksel, jumlah quad-piksel yang ada di iPhone 15 memiliki ukuran yang lebih kecil 15 persen dibanding quad-piksel yang ada di iPhone 15 Pro.

“Hal itu menghasilkan kinerja yang lebih buruk dalam pengaturan cahaya rendah buat iPhone 15,"pungkasiFixit.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)