Bermula dari Kamar Asrama, Inilah Kisah Sukses Google yang Kini Berusia 25 Tahun

Rabu, 27 September 2023 - 10:38 WIB
loading...
Bermula dari Kamar Asrama, Inilah Kisah Sukses Google yang Kini Berusia 25 Tahun
Kisah Sukses Google yang Kini Berusia 25 Tahun. FOTO/ DAILY
A A A
CUPERTINO - Google tengah merayakan hari jadinya yang ke-25 hari ini, Rabu (27/92/2023). Siapa sangka bahwa sebelum menjadi raksasa teknologi seperti sekarang, rupanya Google semula hanya sebuah gagasan yang dikerjakan di kamar asrama.



Kisah Google dimulai oleh mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page, yang bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90-an. Disatukan oleh visi yang sama, mereka bercita-cita untuk meningkatkan aksesibilitas World Wide Web.

Dari kamar asrama mereka, Brin dan Page secara telaten dan sungguh-sungguh membuat gagasan kemudian mengeksekusinya dengan aksi nyata. Keduanya secara aktif mengerjakan prototipe mesin pencarian yang lebih efisien bagi pengguna.

Ketika apa yang mereka kerjakan mulai berkembang, mereka merelokasi operasi mereka ke kantor pusat perdana Google di sebuah garasi sewaan yang sederhana. Perjalanan penting ini mencapai puncaknya pada tanggal 27 September 1998, dengan lahirnya Google Inc.

Nama "Google" sendiri berasal dari permainan istilah matematika yang menunjukkan angka 1 diikuti dengan 100 angka nol. Aspirasi Brin dan Page jelas, yakni untuk mengatur informasi dunia secara sistematis dan menjadikannya dapat diakses dan berharga secara universal.

Saat ini Google berkantor di Mountain View, California, dan cakupan Google kini jauh melampaui mesin pencari dasarnya. Perusahaan kini mendalami kecerdasan buatan, periklanan online, komputasi awan, dan serangkaian teknologi mutakhir.

Sundar Pichai, pria kelahiran India, sekarang memimpin perusahaan tersebut sebagai CEO Google dan perusahaan induknya, Alphabet. Meskipun banyak yang telah berubah, Google menegaskan bahwa misi perusahaan tetap sama.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)