10 Tips, Trik dan Shortcuts untuk Pengguna Google Chrome

Selasa, 26 September 2023 - 11:43 WIB
loading...
10 Tips, Trik dan Shortcuts untuk Pengguna Google Chrome
Dominasi Google Chrome sukses mengalahkan Internet Explorer. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Google Chrome masih menjadi pilihan banyak orang untuk berselancar di dunia maya. Dominasi Google Chrome sukses mengalahkan Internet Explorer, tak lama setelah dirilis pada 2008.

Perlahan tapi pasti penetrasi Google Chrome berhasil merebut hati para pengguna. Kini Google Chrome bahkan menjadi browser seluler paling banyak digunakan di kalangan pengguna Android .

Untuk semakin mengoptimalkan penggunaan, ada beragam tips, trik, dan shortcut yang bisa dipakai di Google Chrome, baik versi desktop maupun seluler, dikutip dari Slash Gear, Selasa (26/9/2023).


1.Grup Tab

Jika memiliki laman web yang selalu dibuka saat mengerjakan sesuatu, grup tab akan sangat membantu. Untuk membuat grup tab, klik kanan tab yang ingin diatur. Pilih "Tambahkan tab ke grup baru" dari menu yang muncul. Pengguna akan diminta memasukkan nama grup dan memilih warna dari sembilan opsi preset.

Setelah grup tab dibuat, pengguna dapat menambahkan lebih banyak tab atau menghapus tab yang tidak lagi diperlukan. Saat mengklik kiri pada judul grup tab, grup tab akan diperluas untuk menampilkan semua tab di dalamnya. Kemudian, pengguna dapat mengklik kiri lagi untuk meminimalkan semua tab tersebut dan menyembunyikannya di balik judul grup tab yang tampak rapi.

Google mencatat sejumlah orang telah menggunakan grup tab untuk mengatur berdasarkan topik. Ini mencakup topik-topik umum seperti Sekolah dan Pekerjaan, juga topik-topik khusus seperti Makanan Hewan Peliharaan.

2. Fitur Penghemat Memori

Meskipun Google Chrome menjadi browser desktop terpopuler, namun memiliki beberapa kelemahan, terutama karena haus RAM. Saat Chrome memakan terlalu banyak RAM, komputer bisa menjadi lamban dan sangat mengganggu saat digunakan. Untungnya, pengguna desktop dapat memanfaatkan fitur Penghemat Memori baru Chrome untuk membantu mengatasi masalah penggunaan RAM ini.

Dengan mengaktifkan fitur Penghemat Memori, Chrome akan mengosongkan memori dari tab yang tidak aktif. Jika ada situs yang ingin diabaikan oleh Penghemat Memori, pengguna dapat dengan mudah menambahkannya saat mengaktifkan fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan Penghemat Memori, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas browser desktop. Temukan dan arahkan kursor ke "Alat lainnya" untuk memperluas menu, lalu klik "Kinerja". Fitur Penghemat Memori ada di bagian atas halaman, dan setelah mengalihkan tombol dan berubah menjadi biru, pengguna akan mulai merasakan penggunaan komputer secara keseluruhan lebih lancar bahkan ketika membuka banyak tab Chrome. Segera setelah mengeklik kembali ke tab yang belum digunakan, tab tersebut akan mulai menggunakan RAM lagi.

3. Chrome Flags

Chrome adalah browser yang hebat. Namun bila ingin Chrome memiliki fitur tertentu atau ingin memiliki kontrol lebih besar atas pengalaman penjelajahan, fitur eksperimental Chrome Flags bisa memenuhi keinginan pengguna. Flags tersedia untuk semua pengguna Chrome, namun harus berhati-hati saat menggunakannya karena ini adalah fitur eksperimental. Pengguna bisa kehilangan data browser atau bahkan membahayakan keamanan atau privasi.

Pengguna dapat melakukan beberapa hal dengan Chrome Flags. Cukup ketik chrome://flags/ di url, tekan Enter, dan mulai menjelajah. Pengguna dapat menambahkan teks langsung dalam browser untuk video, mengaktifkan pengguliran halus, mengisolasi cookie, secara otomatis memasukkan halaman web mana pun ke mode gelap, dan banyak lagi.

Setelah berada di Chrome Flags, setiap fitur eksperimental memiliki menu tarik-turun di sampingnya. Secara default, mereka disetel ke Default. Pengguna dapat menggunakan menu tarik-turun untuk mengubah status Chrome Flags menjadi "Diaktifkan" jika tertarik atau "Dinonaktifkan" jika tidak ingin lagi menggunakan.

4. Extentions

Beberapa Extentions berasal dari Google dengan aplikasi populer di Google Play Store, atau pihak ketiga. Saat pertama kali membuka laman Extentions, pengguna akan melihat beberapa item populer dalam tayangan slide di bagian atas dan bagian " Recommended For You" di bawahnya. Jika rutin menggunakan Chrome sebagai browser default, Recommended For You adalah pilihan terbaik untuk memulai karena Google mendeteksi kebutuhan berdasarkan kebiasaan browsing pengguna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)