Mengenal WhatsApp Channel dan Cara Membuatnya

Rabu, 20 September 2023 - 10:33 WIB
loading...
Mengenal WhatsApp Channel dan Cara Membuatnya
WhatsApp akhirnya meluncurkan pembaruan baru yang memperkenalkan Channel atau Saluran, setelah menjadi perbincangan cukup lama. Foto/Gizchina
A A A
JAKARTA - WhatsApp akhirnya meluncurkan pembaruan baru yang memperkenalkan “Channel” atau “Saluran”, setelah menjadi perbincangan cukup lama. Fitur WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp memungkinkan pengguna menerima informasi terkini dari organisasi atau pengguna lain secara langsung.

Jadi WhatsApp Channel merupakan fitur satu arah dari admin untuk mengirimkan teks, stiker, video dan melakukan jajak pendapat atau polling. Melalui fitur ini, pengguna dapat menemukan Channel sesuai minat, seperti hobi, tim olahraga, dan lainnya, serta dapat mengikuti Channel via tautan undangan.

Dengan meluncurkan fitur ini, WhatsApp ingin membantu layanan siaran atau broadcast secara privat. Dikutip dari laman faq.whatsapp, Rabu (20/9/2023), sebagai pemilik Saluran WhatsApp, Anda dapat berbagi pembaruan dengan pelanggan Anda langsung di aplikasi. Sebagai pelanggan, Anda dapat mencari Saluran favorit Anda dan berlangganan saluran tersebut.



Dalam hal ini, Anda menerima semua pembaruan langsung di WhatsApp. Fitur ini juga menjaga privasi Anda. Sayangnya, fitur Channel ini tidak didukung teknologi perlindungan keamanan unggulan WhatsApp, yaitu enkripsi end-to-end. WhatsApp beralasan bahwa Channel digunakan untuk menjangkau audiens secara luas.

Berikut langkah-langkah untuk membuat WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp di Android:

1. Buka WhatsApp di ponsel Anda.

2. Buka tab “Pembaruan” (Updates).

3. Ketuk ikon “+” (atau yang setara) dan pilih “Saluran baru” (New channel).

4. Ketuk “Memulai” (Get started) dan ikuti petunjuk di layar.

5. Tambahkan nama saluran untuk menyelesaikan pembuatan saluran Anda. Anda dapat mengubah namanya nanti jika diperlukan.

6. Anda mempunyai pilihan untuk menyesuaikan saluran Anda sekarang dengan menambahkan deskripsi dan ikon, atau Anda dapat memilih untuk melakukannya nanti.

7. Terakhir, ketuk ‘Buat Saluran’ (Create Channel) untuk memulai Saluran WhatsApp baru (WhatsApp Channel) Anda.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0768 seconds (0.1#10.140)