WhatsApp Rilis Fitur Channel, Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Rabu, 13 September 2023 - 21:22 WIB
loading...
WhatsApp Rilis Fitur Channel, Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya
WhatsApp Channel sudah tersedia secara global, termasuk di Indonesia. Foto: WhatsApp
A A A
JAKARTA - Bos WhatsApp Mark Zuckerberg baru saja merilis fitur baru, WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp secara global. Termasuk, di Indonesia. Saluran WhatsApp adalah sebuah fitur yang akan memberikan pengguna cara yang lebih privat untuk menerima informasi yang penting bagi mereka.

“Tujuan kami adalah untuk membuat layanan siaran paling privat yang tersedia saat ini. Saluran berbeda dari chat. Saluran yang Anda pilih untuk ikuti tidak akan terlihat oleh pengikut lainnya,” ungkap Zuckerberg.

Berikut Fitur WhatsApp Channel:

1. Menerima Informasi Secara Privat

WhatsApp Channel adalah cara privat untuk menerima informasi penting dari individu dan organisasi secara langsung melalui WhatsApp.

2. Ada di Tap Pembaruan

Channel akan ditemukan pada tab ‘Pembaruan’, di mana pengguna bisa melihat Status serta saluran yang diikuti. Channel juga terpisah dari percakapan Anda dengan keluarga, teman, dan komunitas.

3. Keamanan Privasi

Channel dilengkapi tingkat keamanan privasi tinggi. Termasuk kerahasiaan informasi pribadi admin dan pengikut saluran. Nomor telepon dan foto profil Admin saluran tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Nomor telepon juga tidak akan dibagikan kepada admin atau pengikut lain.

Admin bisa memutuskan siapa yang dapat mengikuti salurannya dan apakah mereka ingin salurannya dapat ditemukan di direktori atau tidak.

4. Tidak Terenkripsi

Karena Channel bertujuan untuk menjangkau audiens lebih luas, tidak di enkripsi end-to-end secara default.

Beberapa fitur di Channel WhatsApp, antara lain pengguna bisa menemukan saluran untuk diikuti yang otomatis disaring berdasarkan negara. Kemudian, pengguna WhatsApp bisa menanggapi menggunakan emoji untuk memberikan saran dan melihat jumlah seluruh tanggapan. Lalu, Admin Channel juga bisa mengubah Pembaruan mereka hingga 30 hari.

WhatsApp menyebut sejumlah Channel yang bisa diikuti pengguna, seperti Olivia Rodrigo, David Guetta, Billboard, FC Barcelona, Real Madrid, dan masih banyak lagi.

Mark Zuckerberg juga telah meluncurkan Saluran WhatsApp pribadinya di https://www.whatsapp.com/zuck .

Di Indonesia, beberapa organisasi telah memulai salurannya, termasuk BMKG, dan saluran dari perusahaan konten Freemantle untuk acaranya seperti X Factor Indonesia dan Indonesian Idol.

Sakti Parantean, Managing Director Fremantle Indonesia, menyebut bahwa konten-konten Freemantle seperti Indonesian Idol, X Factor Indonesia, Super Deal Indonesia dan Take Me Out Indonesia dibagikan secara ekslusif di Channel WhatsApp mereka.

“Channel WhatsApp memungkinkan kami berbicara langsung dengan pemirsa,” katanya.

Di Saluran Family 100, misalnya, Freemantle berencana mengadakan jajak pendapat sehingga dapat menerima jawaban langsung dari penggemar.



“Di saluran Indonesian Idol, kami akan memberikan update terkini kepada penonton dari kontestan musim sebelumnya,” beber Sakti.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG Mohamad Muslihhuddin menyebut bahwa Saluran WhatsApp dapat menjadi sarana komunikasi yang membantu BMKG menyampaikan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika termasuk prakiraan cuaca dan informasi gempa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)