Google Ancam Hapus Gmail yang Mangkrak selama 2 Tahun, Ini Cara Agar Akun Tetap Aktif

Minggu, 17 September 2023 - 09:19 WIB
loading...
Google Ancam Hapus Gmail yang Mangkrak selama 2 Tahun, Ini Cara Agar Akun Tetap Aktif
Google mengumumkan bakal menghapus akun yang sudah tidak aktif dalam 2 tahun untuk mengurangi ancaman keamanan siber. Foto/Business Standart
A A A
MENLO PARK - Google mengumumkan bakal menghapus akun yang sudah tidak aktif dalam 2 tahun untuk mengurangi ancaman keamanan siber, seperti spam, pembajakan, dan phising. Sebab, akun yang sudah lama tidak aktif rentan disusupi dan digunakan untuk tindakan kejahatan.

Ruth Kricheli, VP, Product Management melalui blog.google pada 16 Mei 2023 menjelaskan bahwa akun yang sudah tidak aktif 10 kali lebih rentan dibandingkan akun aktif yang menyiapkan verifikasi 2 langkah. Akun yang sudah lama tidak aktif mudah disusupi dan digunakan untuk mencuri identitas hingga spam.

“Untuk mengurangi risiko ini, kami memperbarui kebijakan ketidakaktifan Akun Google menjadi 2 tahun di seluruh produk kami. Mulai akhir tahun ini, jika Akun Google tidak digunakan atau login selama minimal 2 tahun, kami dapat menghapus akun tersebut dan kontennya, termasuk konten dalam Google Workspace (Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender) dan Google Foto,” katanya.



Kebijakan ini hanya berlaku untuk Akun Google pribadi, dan tidak akan memengaruhi akun organisasi seperti sekolah atau bisnis. Meskipun kebijakan ini sudah mulai berlaku, namun Google akan mulai menghapus akun yang tidak aktif mulai Desember 2023.

“Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan beberapa pemberitahuan selama beberapa bulan sebelum penghapusan, ke alamat email akun dan email pemulihan. Kami akan meluncurkannya secara perlahan dan hati-hati, dengan banyak pemberitahuan,” beber Kricheli.

Ini Cara Agar Akun Anda Tetap Aktif

Cara termudah untuk menjaga Akun Google tetap aktif adalah dengan masuk (login) setidaknya setiap 2 tahun sekali. Jika Anda baru saja masuk ke Akun Google atau salah satu layanan Google, akun Anda dianggap aktif dan tidak akan dihapus.

Aktivitas itu mencakup berbagai jenis kegiatan yang saat login atau saat login ke Akun Google, di antaranya:

1. Membaca atau mengirim email
2. Menggunakan Google Drive
3. Menonton video YouTube
4. Mengunduh aplikasi di Google Play Store
5. Menggunakan Google Penelusuran
6. Menggunakan Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga
7. Jika Anda sudah menyiapkan langganan melalui Akun Google Anda, misalnya ke Google One, publikasi berita, atau aplikasi, kami juga mempertimbangkan aktivitas akun ini dan akun Anda tidak akan terpengaruh. Selain itu, kami tidak memiliki rencana untuk menghapus akun yang berisi video YouTube saat ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4300 seconds (0.1#10.140)