Google Ancam Hapus Akun yang Tidak Aktif Selama 2 Tahun

Kamis, 18 Mei 2023 - 20:02 WIB
loading...
Google Ancam Hapus Akun yang Tidak Aktif Selama 2 Tahun
Google mengancam bakal menghapus akun yang sudah tidak aktif selama 2 tahun dan berlaku mulai Desember 2023. Langkah ini diambil perusahaan raksasa teknologi AS untuk memperkuat keamanan bagi penggunanya. Foto/express
A A A
CALIFORNIA - Google mengancam bakal menghapus akun yang sudah tidak aktif selama 2 tahun dan berlaku mulai Desember 2023. Langkah ini diambil perusahaan raksasa teknologi AS untuk memperkuat keamanan bagi penggunanya.

Dalam postingan resmi perusahaan, Google mengatakan segera menghapus akun jika penggunanya belum mengakses salah satu dari layanannya dalam kurun waktu dua tahun. Upaya itu juga disertai dengan penghapusan berbagai konten yang disimpan pengguna di Google Workspace, YouTube, dan Google Photos.

Google menjelaskan, berdasarkan analisis internal, akun yang ditinggalkan setidaknya 10 kali lebih kecil kemungkinannya dibandingkan akun aktif untuk menyiapkan verifikasi 2 langkah. “Artinya, akun-akun ini seringkali rentan,” jelas Google, dikutip dari TechCrunch, Kamis (18/5/2023).



Rencana penghapusan akun ini tidak dilakukan secara mendadak. Google terlebih dahulu akan memberikan pemberitahuan selama beberapa bulan menjelang penghapusan dimulai.

Google menambahkan, kebijakan baru ini nantinya akan berlaku pada akun pribadi. Artinya, akun bisnis perusahaan tidak akan terpengaruh sama sekali.

Google menyebut bahwa syarat akun aktif sebenarnya tidaklah sulit. Beberapa aktivitas bisa menjadi solusi untuk menjaga akun Google tetap aktif.

Mulai dari membaca dan mengirim email, mengakses Google Drive, menonton YouTube, unduh aplikasi Play Store, akses akun Google pada layanan pihak ketiga, hingga melakukan penelusuran Google.



Tidak diketahui apa rencana Google dengan akun yang telah dihapus itu nantinya. Untuk menghindari akun terhapus, maka penting untuk melakukan aktivitas yang disarankan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8361 seconds (0.1#10.140)