Foxconn Tawarkan Gaji Lebih Tinggi bagi Pekerja Huawei dibandingkan iPhone

Jum'at, 15 September 2023 - 11:37 WIB
loading...
Foxconn Tawarkan Gaji Lebih Tinggi bagi Pekerja Huawei dibandingkan iPhone
Foxconn Technology Group, menawarkan tarif lebih tinggi bagi pekerja yang membuat ponsel Huawei Technologies dibandingkan pekerja yang membuat iPhone. Foto/SCMP
A A A
BEIJING - Foxconn Technology Group, menawarkan gaji lebih tinggi bagi pekerja yang membuat ponsel Huawei Technologies dibandingkan pekerja yang membuat iPhone. Unit FIH Foxconn menawarkan tarif per jam sebesar 26 yuan (USD3,60) untuk pekerja Huawei dan 21 yuan (USD2,93) untuk pekerja iPhone.

Unit FIH Foxconn, yang membuat ponsel pintar Huawei dan beroperasi di bawah anak perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Foxconn International Holdings. Unit FIH Foxconn menawarkan tarif per jam sebesar 26 yuan (USD3,60 atau Rp55.000) untuk pekerja baru di pabriknya di distrik Longhua, Shenzhen.

Jumlah gaji itu lebih tinggi dari tarif per jam sebesar 21 yuan (USD2,93 atau Rp45.000) yang ditawarkan di Grup Bisnis Produk Digital (iDPBG) terintegrasi Foxconn, yang membuat iPhone. Perekrutan ini terjadi di tengah perlombaan produksi Apple dan Huawei yang baru-baru ini meluncurkan ponsel 5G.



“Pegawai baru akan mengetahui ponsel apa yang mereka buat setelah pabrik mengalokasikan mereka ke tim berbeda berdasarkan permintaan saat ini. Namun, saat ini mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk membuat ponsel untuk Huawei,” kata seorang agen di Shenzhen yang bermarga Xu kepada media lokal China Business News.

Dikutip dari laman scmp, Jumat (15/9/2023), ada banyak faktor yang mempengaruhi tarif per jam di berbagai unit di bawah Foxconn, produsen kontrak elektronik terbesar di dunia. Xu, agen perekrutan, mengatakan tarif per jam yang ditawarkan oleh FIH biasanya lebih tinggi dibandingkan iDPBG karena unit produksi iPhone biasanya menawarkan program kesejahteraan yang lebih baik bagi pekerja dibandingkan unit lain.
Foxconn Tawarkan Gaji Lebih Tinggi bagi Pekerja Huawei dibandingkan iPhone


Di Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan tengah tempat pabrik iPhone terbesar di dunia, Foxconn menawarkan bonus penandatanganan musim puncak sebesar 6.480 yuan per orang di Grup Bisnis Enklosur Produk Perusahaan. Grup ini yang bertanggung jawab memproduksi komponen mekanis untuk iPhone.

Meskipun Tiongkok tetap menjadi pusat produksi terpentingnya, Apple telah mendiversifikasi rantai pasokannya di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California akan menyediakan iPhone 15 buatan India pada hari debut penjualan global untuk pertama kalinya, menurut laporan Bloomberg awal pekan ini yang mengutip sumber anonim.



Meskipun Apple memulai produksi iPhone 15 di pabrik Foxconn di India bulan lalu, sebagian besar seri iPhone 15 terbaru akan datang dari Tiongkok, kata laporan itu. Foxconn yang berbasis di Taiwan, yang secara resmi dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry, tidak segera membalas permintaan komentar mengenai tarif per jam.

Diketahui Apple meluncurkan seri iPhone 15, sementara Huawei meluncurkan ponsel Mate 60 Pro dan Mate 60 Pro+ baru. Huawei yang berbasis di Shenzhen mengumumkan upacara peluncuran produk barunya pada tanggal 25 September.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4514 seconds (0.1#10.140)