Facebook Mulai Hapus Tab Khusus Berita di Beberapa Negara Eropa

Rabu, 06 September 2023 - 17:45 WIB
loading...
Facebook Mulai Hapus Tab Khusus Berita di Beberapa Negara Eropa
Khusus di Inggris, Prancis, dan Jerman, Meta mengumumkan akan menghentikan tab Facebook News pada awal Desember. Foto/Foto/Digital Tren
A A A
MENLO PARK - Facebook membuat banyak perubahan pada cara kerjanya di Uni Eropa karena adanya badan pengatur lokal. Selain mempertimbangkan versi berbayar Facebook dan Instagram di Eropa, Meta juga menghapus tab baru di beberapa negara pada akhir tahun ini.

Khusus di Inggris, Prancis, dan Jerman, Meta mengumumkan akan menghentikan tab khusus Facebook News pada awal Desember. Langkah ini tampaknya merupakan upaya untuk memangkas biaya dan fokus pada produk yang memberikan aliran pendapatan tetap bagi perusahaan.

Menurut Meta, berita hanya mencakup kurang dari 3% dari apa yang dilihat orang-orang di seluruh dunia pada feed Facebook. Ini berarti penemuan tab berita hanyalah sebagian kecil dari pengalaman yang ditawarkan oleh jejaring sosial bagi sebagian besar penggunanya.



“Meskipun kami akan menghentikan penggunaan Facebook News di negara-negara ini, kami akan menghormati kewajiban kami berdasarkan semua kesepakatan Facebook News yang ada dengan penerbit di Inggris, Prancis, dan Jerman hingga kontrak tersebut habis masa berlakunya,” keterangan Meta dikutip dari laman Phone Arena, Rabu (6/9/2023).

Meta juga mengatakan bahwa mereka harus memfokuskan waktu dan sumber dayanya pada hal-hal yang menarik pengguna platform media sosialnya, termasuk video berdurasi pendek. Meta mengakui bahwa orang-orang mengunjungi Facebook bukan untuk mencari berita dan konten politik, namun untuk terhubung dengan orang lain dan menemukan peluang serta minat baru.

“Namun, untuk memastikan bahwa kami terus berinvestasi pada produk dan layanan yang mendorong keterlibatan pengguna, kami tidak akan mengadakan kesepakatan komersial baru untuk konten berita di Facebook News di negara-negara tersebut,” lanjut Meta.



Meskipun pengguna Facebook di Inggris, Perancis dan Jerman akan kehilangan akses ke tab khusus Berita Facebook, namun mereka masih dapat melihat tautan ke artikel berita di Facebook. Selain itu, Facebook mengonfirmasi bahwa penerbit berita di Eropa akan terus memiliki akses ke akun dan halaman mereka. Termasuk memposting tautan ke berita dan mengarahkan orang ke situs web mereka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0079 seconds (0.1#10.140)