Lupakan Zoom, Google Meet Bakal Dibekali AI Sehingga Bisa Mencatat Otomatis

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:20 WIB
loading...
Lupakan Zoom, Google Meet Bakal Dibekali AI Sehingga Bisa Mencatat Otomatis
Fitur baru Google Meet diharapkan mempermudah pengguna untuk mencatat hasil rapat. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Google sedang menguji coba fitur Google Meet yang dilengkapi kecerdasan buatan atau AI, sehingga pengguna tidak perlu repot mencatat hasil rapat.

Nantinya, AI akan langsung merangkum dan mencatat seluruh hasil rapat secara otomatis.

Ini menarik, mengingat tren work from home (WFH) kembali mencuat. Bukan lagi sebagai solusi pembatasan sosial di masa pandemi. Tapi saat ini sudah bergeser sebagai jalan keluar untuk menurunkan tingkat polusi udara yang semakin kritis.

Dihimpun dari PC Mag, Rabu (30/8), fitur tersebut diberi nama Duet AI Google. Dengan kehadiran fitur ini pengguna hanya perlu mengklik tombol Duet dan nantinya poin-poin penting rapat akan dicatat.

Saat ini Google Meet masih terus mengkaji apakah fitur tersebut layak hadir sebagai asisten pengguna. Jika nantinya fitur malah membuat pengguna malas untuk menghadiri rapat, maka fitur tidak akan dihadirkan secara publik.

Google juga memberikan bocoran tata letak dinamis untuk Meet, yang akan disesuaikan berdasarkan jumlah peserta dan ukuran layar mereka untuk memudahkan melihat semua orang dalam panggilan.



Seperti yang dijelaskan Google, Duet AI menyematkan "kekuatan AI generatif di semua aplikasi Workspace". Google telah meluncurkan versi Penelusuran, Gmail, dan Google Dokumen yang disempurnakan dengan AI.

Mereka juga dilaporkan meningkatkan Asisten Google dengan AI, dan sedang menguji alat yang menggunakan AI untuk menulis artikel bagi jurnalis. Kita tunggu saja apakah fitur-fitur ini akan benar-benar dihadirkan atau tidak.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)