China Siapkan Teknologi untuk Menangkap Pesawat Tak Kasat Mata

Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:34 WIB
loading...
China Siapkan Teknologi untuk Menangkap Pesawat Tak Kasat Mata
Teknologi China untuk tangkap Pesawat Siluman. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Sebuah perusahaan China telah mengembangkan dan menguji sistem radar yang menggunakan belitan kuantum yang diklaim bisa mendeteksi peralatan militer berteknologi siluman termasuk pesawat jet.



Radar kuantum itu sudah diuji coba pada pertengahan Agustus 2016. Demikian laporan media Pemerintah China, Xinhua.

Radar kuantum China ini dikembangkan oleh Intelligent Perception Technology Laboratory of the 14th Institute di CETC, sebuah perusahaan pertahanan dan elektronik di China.

Sistem radar kuantum mampu mendeteksi target pada kisaran 100 kilometer di lingkungan dunia nyata. Perangkat ini menggunakan teknologi deteksi foton tunggal.

Masih menurut laporan media China, sistem radar itu menggunakan foton belitan kuantum untuk memberikan kemampuan deteksi yang lebih baik daripada sistem radar konvensional. Metode ini akan berguna untuk melacak target dengan penampang radar rendah, seperti pesawat jet modern berteknologi siluman.

Teknologi ini juga dapat digunakan dalam biomedis, karena radar kuantum membutuhkan energi yang lebih rendah dan dapat digunakan untuk penyelidikan non-invasif untuk objek dengan reflektifitas rendah, seperti mendeteksi sel-sel kanker.

Sebelumnya, China juga meluncurkan satelit komunikasi kuantum pertama di dunia, yang menggunakan belitan kuantum untuk kriptografi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3656 seconds (0.1#10.140)