8 Kelebihan dan Kekurangan Membeli iPhone Refurbished

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:52 WIB
loading...
8 Kelebihan dan Kekurangan Membeli iPhone Refurbished
Kelebihan dan kekurangan membeli iPhone refurbished penting untuk diketahui. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Kelebihan dan kekurangan membeli iPhone refurbished wajib diketahui. Sebab, iPhone refurbished banyak dianggap sebagai solusi untuk mendapatkan HP keluaran Apple tersebut dengan harga yang jauh lebih murah.

Dilansir dari situs resmi Apple, iPhone Refurbished memang dipasarkan lebih murah sekitar 15% dari harga aslinya. Istilah Refurbished bisasanya merujuk kepada produk iPhone yang sempat ditarik dari pasaran karena terjadi kerusakan atau malfungsi.

Setelah ditarik, Apple kemudian memperbaikinya menggunakan suku cadang asli. Lalu, iPhone refurbished juga dikemas dalam kotak baru dan bergaransi.

Meski demikian, Anda tidak akan bisa membeli iPhone refurbished di distributor resmi Apple seperti iBox dan Digimap. Sebaliknya, Anda bisa membelinya di marketplace atau toko elektronik.

Membeli iPhone refurbished memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Berikut adalah beberapa dari keduanya:

Kelebihan membeli iPhone refurbished:

1. Harga Lebih Terjangkau

iPhone refurbished umumnya dijual dengan harga yang lebih rendah daripada model baru, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi mereka yang ingin memiliki perangkat Apple tanpa harus membayar harga penuh.

2. Pembaruan dan Fungsi yang Sama

iPhone refurbished telah diperbaiki dan diuji ulang oleh pihak produsen atau pihak ketiga yang tepercaya. Mereka biasanya akan berfungsi dan terlihat seperti perangkat baru, serta mendapatkan pembaruan perangkat lunak yang sama seperti model baru.

3. Sertifikasi dan Garansi

Banyak penjual resmi atau produsen memberikan sertifikasi dan garansi terbatas untuk iPhone refurbished mereka. Ini memberikan perlindungan tambahan terhadap masalah yang mungkin muncul setelah pembelian.

Kekurangan membeli iPhone refurbished:

1. Kualitas Bervariasi

Kualitas iPhone refurbished dapat bervariasi tergantung pada di mana Anda membelinya. Beberapa penjual mungkin tidak mengembalikan perangkat ke kondisi yang benar-benar baik, sehingga ada risiko membeli perangkat yang mengalami masalah teknis atau kosmetik.

2. Umur Baterai

Baterai di perangkat iPhone telah mengalami penurunan seiring waktu. Saat membeli iPhone refurbished, ada kemungkinan Anda mendapatkan perangkat dengan umur baterai yang lebih pendek daripada perangkat baru.

3. Ketersediaan Model Terbaru

Model iPhone terbaru mungkin tidak segera tersedia dalam bentuk refurbished. Jika Anda mencari model terbaru, Anda mungkin harus menunggu beberapa waktu sebelum tersedia dalam kondisi refurbished.

4. Keterbatasan Garansi

Meskipun banyak penjual refurbished memberikan garansi terbatas, garansi ini mungkin tidak sekomprehensif atau sepanjang garansi yang diberikan pada perangkat baru.


5. Risiko Penipuan

Ada kemungkinan membeli iPhone refurbished dari penjual yang kurang tepercaya, yang dapat menyebabkan pembelian perangkat yang cacat atau bahkan palsu.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli iPhone refurbished, disarankan untuk melakukan riset menyeluruh terkait penjual atau produsen yang Anda pertimbangkan, membaca ulasan pengguna, dan memastikan bahwa Anda memahami persyaratan garansi yang ditawarkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)