Segera Berlaku, Pengguna Twitter Wajib Setor Foto Selfie dan KTP

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:10 WIB
loading...
Segera Berlaku, Pengguna Twitter Wajib Setor Foto Selfie dan KTP
Platform sosial media X diperkirakan dalam waktu dekat akan mewajibkan penggunanya melakukan verifikasi. (Foto: Media Economy)
A A A
JAKARTA - Platform sosial media X alias Twitter milik Elon Musk kemungkinan besar akan mewajibkan penggunanya melakukan verifikasi dengan menyetorkan foto dan KTP, dalam waktu dekat.

Alasan yang mendesak adalah untuk memerangi peniruan identitas pada X. Dengan demikian, nantinya X akan terbebas dari buzzee yang selama ini marak beredar.

Belakangan rumor penerapan verifikasi ID ini semakin kuat setelah detail tentang cara kerjanya mencuat. Informasi ini berasal dari peneliti aplikasi independen Nima Owji. Dia membagikan tangkapan layar jendela dalam aplikasi yang mengungkapkan data diri yang diperlukan pengguna Premium untuk memverifikasi identitas.



Adapun data diri yang diminta termasuk tanda pengenal atau KTP ditambah perangkat dengan kamera yang berfungsi dan terbuka. Nima menyebut, verifikasi akun X dikatakan memakan waktu sekitar lima menit atau lebih.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (21/8/2023), X akan mulai meminta pengguna memverifikasi identitasnya dengan mengirimkan foto selfie bersama tanda pengenal resmi.

Proses tersebut mengharuskan pengguna untuk mengizinkan X menyimpan informasi selama 30 hari dan membagikannya dengan AU10TIX, perusahaan verifikasi identitas yang berbasis di Israel.



Tapi perlu dicatat bahwa ini semua masih dalam proses untuk benar-benar diterapkan. Namun mengingat bahwa faktanya adalah pemberitahuan sudah muncul, maka bukan tidak mungkin kebijakan verifikasi ini akan segera berlaku.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)