4 Bahaya Menggunakan Emulator Game

Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:30 WIB
loading...
4 Bahaya Menggunakan Emulator Game
Emulator populer di kalangan gamer karena memungkinkan memainkan game dari berbagai platform dalam satu perangkat. (Foto: Retrododo)
A A A
JAKARTA - Emulator cukup populer di kalangan gamer karena memungkinkan memainkan game dari berbagai platform dalam satu perangkat. Namun, ada beberapa potensi bahaya penggunaan emulator yang perlu diketahui.

Berikut adalah beberapa risiko menggunakan emulator, dilansir dari Gizchina, Minggu (20/8/2023).

1. Masalah kompatibilitas

Emulator sendiri hanyalah perkiraan dari perangkat keras konsol asli, jadi tidak semua game bekerja dengan sempurna. Masalah yang bisa ditimbulkan adalah crash yang merusak game .



2. Risiko keamanan

Beberapa emulator dapat menimbulkan ancaman keamanan dengan virus dan malware pada perangkat pengguna, terutama jika tidak dikembangkan oleh sumber yang dapat dipercaya.

3. Boros daya pemrosesan

Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kinerja pada perangkat pengguna. Belum lagi jika ini terjadi terus menerus malah bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat keras.



4. Berbeda dari sistem asli

Emulator juga tidak dapat memberikan pengalaman yang sama persis dengan sistem aslinya. Fitur, seperti save state dan cheat, dapat mencegah pengguna menikmati game dalam bentuk aslinya. Jadi, meski mengasyikan emulator tetap memiliki bahaya.

Emulator umumnya aman jika pengguna mendapatkannya dari sumber terpercaya dan menggunakannya dengan hati-hati. Namun, pengguna harus tetap menyadari bahwa potensi risiko yang terkait dengan penggunaan emulator jelas ada.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)