Hasil Penelitian: Mayoritas Orangtua Andalkan Handphone dalam Mengasuh Anak

Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:45 WIB
loading...
Hasil Penelitian: Mayoritas Orangtua Andalkan Handphone dalam Mengasuh Anak
Anak-anak dalam keseharian menghabiskan banyak waktu dengan handphone. (Foto: NY Post)
A A A
JAKARTA - Dunia hari ini tak bisa lepas dari handphone. Baik orang tua maupun anak-anak dalam keseharian menghabiskan banyak waktu dan mulai tergantung dengan handphone.

Anggapan ini ternyata tak salah. Dalam penelitian terbaru di berbasis di Inggris melalui OnePoll.com bekerja sama dengan perusahaan telepon Three UK, terungkap banyak fakta menarik. Survei tersebut dilakukan terhadap 1.000 responden.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 43 persen orang tua ternyata tidak mengetahui bagaimana membesarkan dan mendidik anak tanpa peran smartphone.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan, saat ini para ibu dan ayah kerap menggunakan ponsel untuk berbelanja kebutuhan anak-anak. Bahkan, mereka menggunakan ponsel hingga 77 kali dalam seminggu hanya untuk mencari referensi kebutuhan anak.

61 persen dari para orangtua juga tak menampik bahwa smartphone merupakan alat yang cukup membantu dan berperan penting untuk membantu mereka dalam hal mendidik anak .



Karena itu, tak jarang hal ini membuat sebanyak 34 persen orang tua harus meningkatkan data penyimpanan hingga kapasitas kuota internet yang lebih tinggi di smartphone agar bisa mengakses berbagai jenis aplikasi yang membantu memenuhi kebutuhan anak.

Tercatat, sebagian besar orang tua menyiapkan kuota internet di smartphone hingga lima gigabyte per bulan. “Kami tahu peran penting ponsel dalam kehidupan manusia. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, peran ini menjadi semakin penting setelah orang memiliki anak, ponsel menjadi tambahan penting bagi keluarga,” kata Aislinn O’Connor, dari Three UK, tentang hasil studi tersebut.

“Berperan sebagai penghibur, dokter, penghubung, dan banyak lagi dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Studi tersebut juga mencatat bahwa 36 persen orang tua menganggap, mengunduh dan melakukan streaming konten untuk anak-anak merupakan salah satu faktor terbesar mengapa kuota internet mereka cepat habis, dengan rata-rata 12 jam streaming per minggu.



Menurut keterangan para orang tua, kebutuhan tersebut yakni digunakan sebesar 67 persen untuk mengambil foto, 62 persen mengirim pesan WhatsApp, dan 60 persen menggunakannya untuk memantau cuaca.

Three UK juga bermitra dengan ayah dan musisi Profesor Green untuk menyoroti pentingnya bagi para orang tua baru untuk memanfaatkan peran ponsel itu sendiri bagi anak-anak mereka. “Ketika saya menjadi seorang ayah, saya menemukan bahwa ponsel menjadi tangan kedua atau ketiga Anda,” kata Green.

“Mereka adalah sumber informasi luar biasa, saran dan menghubungkan ke jaringan dukungan saat seseorang sangat membutuhkan,” tuturnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4197 seconds (0.1#10.140)