Tak Khawatir saat Bepergian, Simak 5 Cara Tingkatkan Keamanan Rumah

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:43 WIB
loading...
Tak Khawatir saat Bepergian, Simak 5 Cara Tingkatkan Keamanan Rumah
Ilustrasi. (Foto: dok Freepik)
A A A
JAKARTA - Saat ini modus pencurian semakin berkembang, berbagai cara pun kerap dilakukan. Oleh karenanya, sistem keamanan rumah harus ikut ditingkatkan. Apalagi, bagi Anda yang suka bepergian.

Di tengah kemajuan teknologi, sistem keamanan rumah ikut berkembang semakin canggih. Berbagai jenis sistem keamanan rumah juga mulai bermunculan untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat dihuni ataupun ditinggalkan bepergian. Selain dengan menggunakan sistem keamanan rumah, Anda bisa meminimalisirnya dengan beberapa cara yang dapat diikuti.

Yuk, simak beberapa cara untuk tingkatkan keamanan rumah.

1. Maksimalkan Pencahayaan Rumah
Bukan sebuah rahasia lagi apabila maling kerap menggunakan baju hitam dan menyukai area yang gelap atau kurang pencahayaan. Maka dari itu, sebaiknya Anda maksimalkan pencahayaan di sekitar rumah, mulai dari teras depan, halaman belakang, dan jika memungkinkan juga di samping rumah. Dengan adanya pencahayaan maksimal di sekitar rumah, diharapkan maling akan lebih mudah terlihat oleh penjaga keamanan di sekitar rumah.

2. Gunakan Keamanan Berlapis pada Pintu dan Jendela
Menjadi akses utama ke dalam rumah, pintu dan jendela menjadi incaran utama maling untuk membobolnya. Untuk itu, keamanan berlapis pada pintu dan jendela sangat dibutuhkan agar maling tidak mudah untuk mengaksesnya. Anda bisa menyiasati dengan menggunakan kunci ganda pada pintu dengan menggunakan gembok, misalnya.

Lalu, pada jendela, Anda bisa menambahkan teralis dan kunci slot untuk menambahkan keamanan jendela rumah agar tidak mudah dibobol. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu mengunci rumah saat bepergian, malam hari, atau sedang sendirian di dalam rumah.

3. Pantau Kondisi Rumah
Kondisi rumah menjadi salah satu daya tarik untuk maling, misalnya seperti rumah yang terlihat kosong atau sepi, maupun mudah untuk dibobol. Selain itu, penempatan barang-barang di rumah juga dapat menarik perhatian. Untuk menghalaunya, Anda bisa menyiasatinya dengan membersihkan halaman, sehingga rumah selalu tampak berpenghuni, begitu pun dengan pencahayaannya.

Selain itu, jangan biarkan furniture ataupun dekorasi yang mencolok dengan kesan mahal diletakkan pada tempat yang mudah dilihat. Lantaran, maling akan menjadi lebih tertarik dengan rumah yang Anda tinggali.

4. Gunakan Sistem Keamanan
Dengan teknologi yang semakin canggih, Anda bisa menggunakan sistem keamanan rumah terkini, misalnya dengan menggunakan smart lock pada pintu yang dibuka dengan sensor kartu ataupun pin. Ada juga alarm yang bisa dipasang di pintu dan jendela. Alarm ini memiliki sensor gerak, pendeteksi panas atau api, dan lainnya. Dengan begitu, tidak hanya terasa aman dari pencurian, tetapi juga dapat meminimalisir terjadinya kebakaran.

5. Pasang CCTV
Cara meningkatkan keamanan rumah lainnya adalah dengan memasang kamera CCTV. Memang, dengan CCTV maling ataupun orang asing tetap mudah masuk ke dalam rumah, namun kamera yang terpasang di langit-langit rumah ini membantu Anda untuk memeriksa keadaan rumah saat ditinggal. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang memasuki rumah dan kegiatan apa yang dilakukan.

Seiring perkembangan teknologi, sekarang telah tersedia CCTV tanpa kabel yang semakin memudahkan penggunanya saat memasang. Ada juga CCTV mini yang tidak memakan tempat, bahkan bisa tidak terlihat oleh orang lain. Tak hanya itu, saat ini pembelian CCTV juga bisa melalui e-commerce, misalnya Tokopedia.

Pembelian yang bisa dilakukan secara online ini bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mencarinya. Apalagi, Tokopedia memiliki beragam jenis pengiriman dan ekspedisi yang bisa dipilih sesuai kenyamanan. Begitupun berbagai metode pembayarannya yang dapat disesuaikan, termasuk secara cash on delivery (COD).

Sebelum men-check out dari keranjang, jangan lupa untuk masukan berbagai promo yang ditawarkan oleh Tokopedia, di antaranya gratis ongkir, voucher cashback, dan potongan harga. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk checkout CCTV di Tokopedia sekarang. Dengan Tokopedia selalu ada, selalu bisa.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)