Bocor, Ini Penampakan Headset Samsung XR Penantang Apple Vision Pro

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:08 WIB
loading...
Bocor, Ini Penampakan Headset Samsung XR Penantang Apple Vision Pro
Penampakan prototipe Samsung XR yang bikin heboh dunia maya. Foto/UploadVR
A A A
JAKARTA - Penampakan resmi headset Samsung XR yang digadang-gadang akan jadi pesaing berat Apple Vision Pro bocor di dunia maya. Penampakan headset itu diedarkan oleh situs teknologi asal China, Virtuoluo.

Samsung memang sejak Februari 2023 lalu sudah membicarakan keberadaan headset Samsung XR itu. Headset tersebut merupakan hasil kolaborasi mereka dengan Google. Sistem perangkat lunak berbasis varian baru Android itu akan jadi penggerak utama di Samsung XR.

"Dari konsep yang diperlihatkan Samsung XR memiliki empat kamera pelacak dengan penempatan yang mirip dengan Meta Quest 2. Bedanya headset itu menggunakan lensa pancake agar memiliki visor yang lebih tebal," tulis situs Upload VR, Selasa (15/8/2023).

Menurut Upload VR, Samsung XR terlihat menggunakan kamera RGB ganda untuk kecerahan warna dan sensor yang lebih sensitif untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kamera RGB ganda itu juga digunakan pemahaman dan pelacakan tangan yang lebih baik.



Samsung XR diperkirakan menggunakan layar mikro OLED dan chip Exynos 2200 buatan Samsung. Chip itu diyakini lebih bertenaga daripada Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 1 yang digunakan di Quest 2 dan Pico 4.

Menariknya lagi, Samsung XR terlihat tidak memiliki sistem pengontrol lacak. Alih-alih headset buatan Korea Selatan itu mengandalkan pelacakan tangan dan mata seperti yang dilakukan Apple Vision Pro.

Bulan lalu, media Korea Selatan memang melaporkan keputusan Samsung untuk menunda proyek Samsung XR. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan spesifikasi agar mampu bersaing dengan Apple Vision Pro.



Laporan tersebut juga menunjukkan Samsung akan memposisikan headsetnya antara segmen Quest 3 dan Apple Vision Pro. Hal ini tentu memengaruhi harga Samsung XR yang diperkirakan ada di kisaran USD1.000 (Rp15,2 juta) hingga USD2.000 (Rp30,4 juta). Harga tersebut jauh lebih terjangkau dibanding Apple Vision Pro yang mencapai USD3.500 atau sekitar Rp52 juta.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)