Perdana, Inggris Mulai Layani Pengiriman Surat Menggunakan Drone

Rabu, 02 Agustus 2023 - 19:26 WIB
loading...
Perdana, Inggris Mulai Layani Pengiriman Surat Menggunakan Drone
Royal Mail berkolaborasi dengan Skyports mulai melakukan uji coba layanan menggunakan drone antarpulau. (Foto: BBC)
A A A
JAKARTA - Layanan pengiriman surat dan parsel di Inggris kini semakin canggih. Royal Mail berkolaborasi dengan Skyports mulai melakukan uji coba layanan menggunakan drone antarpulau.

Saat ini layanan sedang diuji coba selama tiga bulan dan akan dilanjutkan secara permanen jika nantinya dinilai sukses. Untuk sementara layanan tersedia di wilayah Orkney, Inggris .

Secara teknis, surat akan diangkut dari kantor pengiriman Kirkwall Royal Mail ke Stromness. Dari sana, drone akan membawa barang ke Graemsay dan Hoy di mana staf pos akan menyelesaikan rute pengirimannya.

Dilansir dari BBC, Rabu (2/8/2023), layanan drone diharapkan secara signifikan mampu meningkatkan tingkat layanan dan waktu pengiriman ke Graemsay dan Hoy, karena cuaca dan kondisi geografis dapat menyebabkan gangguan pada layanan pengiriman.

Penggunaan drone untuk pengiriman antarpulau juga akan membawa peningkatan keamanan yang signifikan dengan memastikan pekerja pos dapat melakukan pengiriman antar pelabuhan tanpa risiko.



Armada perusahaan drone, Skyports, akan melakukan penerbangan antarpulau dengan pesawat Speedbird Aero DLV-2. Drone multirotor yang satu ini diklaim mampu membawa muatan hingga 6 Kg tanpa kendala.

Chris Paxton, kepala uji coba drone di Royal Mail, mengatakan,"Kami bangga dapat bekerja sama dengan Skyports untuk mengirimkan melalui drone ke beberapa komunitas paling terpencil yang kami layani di Inggris Raya.

"Menggunakan drone yang sepenuhnya elektrik mendukung upaya berkelanjutan Royal Mail untuk mengurangi emisi yang terkait dengan operasi kami, sambil menghubungkan komunitas pulau yang menjadi tujuan pengiriman kami," katanya.

Alex Brown, Direktur Skyports Drone Services, menyebut dengan memanfaatkan teknologi drone, akan merevolusi layanan surat, menyediakan pengiriman yang lebih efisien dan tepat waktu, serta membantu mengurangi kebutuhan terhadap kendaraan penghasil emisi.



Proyek ini didanai oleh Dana Inovasi Pengangkutan Departemen Transportasi dan dilaksanakan oleh Connected Places Catapult.

“Kami senang dapat sekali lagi bermitra dengan Royal Mail untuk mendemonstrasikan bagaimana operasi drone dapat menguntungkan logistik Inggris dalam proyek ini," kata Brown.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)