Bug di Perangkat Apple Bikin Anak Makin Bebas Gunakan Gadget

Senin, 31 Juli 2023 - 18:16 WIB
loading...
Bug di Perangkat Apple Bikin Anak Makin Bebas Gunakan Gadget
Fitur Parental Control di perangkat Apple sejatinya berfungsi untuk membatasi anak dalam menggunakan gadget. Foto/The Sun
A A A
JAKARTA - Fitur Parental Control di perangkat Apple sejatinya berfungsi untuk membatasi anak dalam menggunakan gadget. Namun, bug yang muncul baru-baru ini justru membuat anak bisa bebas bermain gadget sesuka hati.

Bug menyebabkan pengaturan yang sudah dibuat oleh orang tua berubah atau bahkan malah mati. Dengan begitu, waktu bermain anak menjadi tidak teratur, bisa lebih cepat, lebih lama, atau tidak dibatasi sama sekali.

Keberadaan bug tersebut sudah diakui oleh pihak Apple. Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat itu pun berjanji untuk memperbaiki bug di perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch sesegera mungkin.



"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat pengaturan Screen Time tiba-tiba diatur ulang. Kami menanggapi laporan ini dengan sangat serius dan kami telah, dan akan terus memperbaiki situasi," kata Apple dikutip SINDOnews dari laman Engadget, Senin (31/7/2023).

Apple menyebut bug sebenarnya sudah diperbaiki di update software iOS 16.5. Namun, beberapa pengguna tetap menemukannya di rilis pembaruan iOS 17 beta.

Sekitar 2.300 orang di halaman diskusi Apple yang membahas tentang masalah tersebut mengatakan bahwa mereka mengalami bug yang sama. Tidak jelas apakah bug benar-benar diperbarui atau tidak oleh perusahaan.

Untuk diketahui, fitur Screen Time untuk Parental Control sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 2018 lalu. Fitur ini digadang-gadang memungkinkan orang tua memeriksa laporan aktivitas anak dari jarak jauh dan mengelola waktu penggunaan aplikasi.



Orang tua juga dapat mengatur jumlah waktu khusus per aplikasi yang tidak dapat diperpanjang oleh anak-anak. Termasuk membuat waktu untuk memblokir semua aplikasi kecuali panggulan telepon yang dipilih yang ditetapkan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)