Beri Jaminan Keamanan Data Warganya, DPR AS Gandeng 3 Perusahaan Teknologi

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:16 WIB
loading...
Beri Jaminan Keamanan Data Warganya, DPR AS Gandeng 3 Perusahaan Teknologi
DPR AS gandeng 3 perusahaan teknologi. FOTO/ CNET
A A A
NEW YORK - Memberi jaminan keamanan data pribadi warganya dari serangan siber, DPR Amerika Serikat (AS) gandeng Amazon.com Inc, perusahaan induk Google Alphabet, dan Best Buy.



''Program sertifikasi dan pelabelan baru akan meningkatkan standar keamanan siber di seluruh perangkat pintar seperti lemari es, microwave, televisi, sistem pengatur suhu dan pencatat kebugaran,'' kata Jubi Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari AFP, Kamis (20/7/2023).

Perusahaan ritel dan produsen akan membubuhkan label “US Cyber Trust Mark” ke perangkat mereka dan program itu akan mulai berjalan pada tahun 2024.

Prakarsa ini dirancang untuk memastikan bahwa “jaringan kita dan penggunaannya lebih aman, karena ini sangat penting bagi ekonomi dan keamanan nasional,” kata seorang pejabat senior yang tidak ingin disebut namanya.

Komisi Komunikasi Federal akan meminta pendapat publik sebelum meluncurkan program pelabelan dan mendaftarkan merek dagang nasional ke Kanter Paten dan Merek Dagang AS, kata Gedung Putih.

Perusahaan ritel dan produsen lainnya yang berpartisipasi dalam program ini mencakup LG Electronics U.S.A., Logitech, Cisco Systems dan Samsung.

Pada Maret lalu, Gedung Putih meluncurkan strategi siber yang meminta para produsen perangkat lunak dan perusahaan-perusahaan agar memikul tanggung jawab yang jauh lebih besar untuk memastikan sistem mereka tidak dapat diretas.

Ini juga mempercepat upaya-upaya oleh berbagai lembaga seperti FBI dan Departemen Pertahanan untuk mengacaukan aktivitas kelompok-kelompok peretas dan ransomware di seluruh dunia.

Pekan lalu, Microsoft dan pejabat AS mengatakan para peretas terkait pemerintah China diam-diam mengakses akun email sekitar 25 organisasi, termasuk setidaknya dua lembaga pemerintah AS, sejak Mei.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)