3 File yang Bisa Membuat HP Android Lemot, Kenali dan Segera Buang!

Rabu, 19 Juli 2023 - 13:44 WIB
loading...
3 File yang Bisa Membuat HP Android Lemot, Kenali dan Segera Buang!
HP Android lemot menjadi permasalahan yang mungkin banyak dialami pengguna. Foto/Hindustan Times
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah file yang berpotensi membuat HP Android lemot . Tak boleh terus membiarkannya, pengguna perlu melakukan pembersihkan agar kinerja ponselnya menjadi lebih optimal.

HP Android lemot menjadi permasalahan yang mungkin banyak dialami pengguna. Anehnya, meskipun dibekali chipset canggih dan penyimpanan besar, terkadang ponsel yang digunakan tetap berjalan lemot.

Pada langkah untuk mengatasinya, pengguna perlu memperhatikan sejumlah hal pada perangkatnya. Salah satunya yang berpotensi menjadi biang kerok adalah keberadaan file tertentu yang menumpuk. Lantas, apa sajakah file yang dimaksudkan? Berikut sejumlah file yang bisa membuat HP Android lemot.

File yang Bikin HP Android Lemot

1. File Sampah dari Foto Google

Pada sebuah perangkat Android, biasanya terdapat aplikasi bawaan dari Google termasuk Foto. Meski jarang digunakan, dia menjadi galeri sekunder di perangkat dan menyimpan foto serta video yang dimiliki.



Mengutip laman Hindustan Times, aplikasi Foto bawaan Google memiliki folder sampah yang menjadi tempat pembuangan file sebelum dihapus permanen. Biasanya, mereka akan menyimpannya dalam jangka hingga 60 hari.

Tumpukan sampah pada folder tersebut bisa berpotensi membuat HP Android menjadi lemot. Namun, tak perlu khawatir. Anda bisa menghapusnya sendiri tanpa harus menunggu 60 hari.

Pertama, buka aplikasi Foto bawaan Google. Kemudian, masuk ke opsi galeri. Setelah itu, klik opsi ‘sampah’ dan hapus foto atau video yang tersimpan didalamnya.

2. Cache

Cache yang menumpuk juga bisa menjadi biang HP lemot. Maka dari itu, perlu memperhatikannya dan selalu melakukan pembersihan secara berkala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)