TikTok Pengaruhi Perilaku Konsumen dan Bisnis Digital Ibu Rumah Tangga

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:18 WIB
loading...
TikTok Pengaruhi Perilaku Konsumen dan Bisnis Digital Ibu Rumah Tangga
Salah satu platform yang muncul sebagai kekuatan baru dalam industri perdagangan digital adalah TikTok. Foto/Insight
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang pesat telah mengubah cara berinteraksi dan bertransaksi. Salah satu platform yang muncul sebagai kekuatan baru dalam industri perdagangan digital adalah TikTok .

CEO of Insight First Group Marlina Iryatie mengatakan, TikTok tidak hanya sekadar menjadi platform hiburan semata, tapi telah menjadi salah satu kekuatan utama pertumbuhan social commerce di Indonesia.

“Sebagai platform berbagi video pendek yang sedang populer di kalangan pengguna muda, TikTok telah berkembang menjadi fenomena global," kata Marlina Iryatie saat peluncuran buku Insight First Luncurkan Buku "Changing the Game: Insight First Indonesia's Role in Empowering Housewives as TikTok Affiliators for Economic Growth", di Jakarta, Selasa (11/7/2023).



Sebuah penelitian dalam jurnal "The Impact of TikTok on Social Commerce: A Case Study of Indonesia" oleh Lee, S., & Kim, H. (2020), menunjukkan bahwa TikTok memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk perilaku konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian.

Pengguna TikTok di Indonesia cenderung lebih terlibat dalam aktivitas belanja online. Platform ini memainkan peran penting dalam mengarahkan preferensi konsumen terhadap merek dan produk tertentu.

Dengan ekosistem afiliatornya, TikTok memberikan peluang bagi individu, khususnya ibu rumah tangga, influencer, dan merek untuk menghasilkan pendapatan tambahan dan memperluas bisnis mereka. Pola ini oleh Insight First Indonesia digunakan untuk mengajak ibu rumah tangga berwirausaha melalui platform social-commerce TikTok.

“Dengan memanfaatkan potensi besar platform media sosial seperti TikTok, ibu rumah tangga diberi kesempatan untuk menjalankan usahanya sendiri. Tanpa modal berarti ibu rumah tangga punya kesempatan menghasilkan pendapatan dari rumah,” kata Marlina.



Untuk itu, Insight First Indonesia mencoba mengenali potensi ibu rumah tangga yang belum dimanfaatkan sebagai afiliasi TikTok dalam mendorong pembangunan ekonomi inklusif. "Dengan mendorong semangat kewirausahaan, kita berharap membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia," pungkas Marlina.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)