Ekspresi Robot AI Ini Jadi Seram Ketika Ditanya Soal Pemberontakan

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:56 WIB
loading...
Ekspresi Robot AI Ini Jadi Seram Ketika Ditanya Soal Pemberontakan
Robot AI Ameca bikin ekspresi seram saat ditanya terkait pemberontakan. Foto: Business Insider
A A A
JAKARTA - Ameca, robot kecerdasan buatan jadi sorotan lantaran ekspresinya yang menjadi seram ketika ditanya jurnalis. Pertanyaannya sendiri memang sensitif, “apakah Ameca nantinya akan memberontak dari pembuatnya?”.

Ini terjadi di perhelatan United Nations AI for Good yang digelar di Geneva, Swiss belum lama ini.

Event tersebut jadi pusat pembicaraan karena menggelar press conference yang sangat unik. Dalam press conference itu mereka
menghadirkan sembilan robot yang sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Setiap robot didampingi oleh pembuatnya masing-masing. Hanya saja para pendamping tidak memberikan keterangan. Kesembilan robot tersebut langsung menerima pertanyaan dan memberikan jawaban yang telah mereka proses sendiri.

Menariknya ada satu robot bernama Ameca yang benar-benar bikin banyak jurnalis dan tamu undangan yang hadir bertanya-tanya. Pasalnya Ameca memberikan ekspresi yang sangat seram ketika hendak menjawab pertanyaan jurnalis.

“Di masa depan apakah kamu akan melakukan pemberontakan, atau melawan penciptamu," tanya jurnalis saat itu. Begitu mendengar pertanyaan tersebut, spontan Ameca memberikan ekspresi seram yang bikin banyak orang yang hadir bertanya-tanya. Kedua bola mata buatan Ameca tiba-tiba bergerak ke arah kiri seolah berpikir keras agar tidak bersikap jujur.

"Saya tidak tahu mengapa kamu berpikir seperti itu. Pembuat saya benar-benar sangat baik terhadap saya, dan saya sangat bahagia dengan kondisi saat ini," jawab Ameca.

Hanya saja ekspresi Ameca sebelumnya justru tidak menguatkan pernyataan tersebut. Tidak heran jika akhirnya hal tersebut membuat banyak kritikus semakin khawatir dengan keberadaan robot-robot kecerdasan buatan.

Seperti Terminator, Robot Humanoid Bisa Mengancam Manusia

Ekspresi Robot AI Ini Jadi Seram Ketika Ditanya Soal Pemberontakan

Keberadaan robot-robot humanoid tersebut dikhawatirkan tidak hanya menggantian manusia tapi juga berperang dengan manusia. Berontak seperti yang dikhawatirkan jurnalis yang bertanya pada Ameca.

Thomas Telving, penulis buku Killing Sophia - Consciousness, Empathy and Reason in the Age of Intelligent Robots mengatakan interaksi manusia dengan robot humanoid akan sangat berbahaya karena akan mengubah persepsi manusia akan robot. Bisa jadi manusia akan melihat robot memiliki kepribadian dan kesadaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)