LG Dirikan Pusat R&D di Indonesia, Jadi Tempat Uji Coba TV Baru untuk Pasar Global

Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:05 WIB
loading...
LG Dirikan Pusat R&D di Indonesia, Jadi Tempat Uji Coba TV Baru untuk Pasar Global
LG mendirikan pusar R&D di Indonesia yang jadi bagian penting untuk perkembangan teknologi mereka. Foto: dok LGEIN
A A A
JAKARTA - LG Electronics (LG) semakin serius di pasar Indonesia. Langkah ini ditandai dengan pendirian pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbarunya di Indonesia. Langkah LG menambah pusat R&D di di luar Korea Selatan ini menjadi bagian keseriusan perusahaan dalam memperkokoh posisi produk TV-nya di Asia khususnya dan tingkat global.

“Pusat R&D ini penting, karena memungkinkan kami menjangkau konsumen dengan lebih baik melalui operasi satu atap yang menghubungkan semua langkah rantai pasokan. Mulai pengembangan produk hingga layanan pengguna,” ujar Park Hyoung-sei, presiden LG Home Entertainment Company.

Sebelumnya, LG telah memiliki dua fasilitas dari anak perusahaannya di Indonesia. Pertama, LG Electronics Indonesia, yaitu fasilitas produksi TV di Cibitung, Bekasi. Kedua, kantor pusat pemasaran penjualan di Jakarta.

Pusat Penelitian dan Pengembangan LG di Indonesia ini terletak di salah satu lokasi area pabrik LG di Cibitung, Bekasi.

Tempat Uji Coba TV Baru di Pasar Global
LG Dirikan Pusat R&D di Indonesia, Jadi Tempat Uji Coba TV Baru untuk Pasar Global

Park Hyoung-sei mengatakan, keberadaan pusat R&D ini akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan optimalisasi operasional yang bakal memperkuat produk TV LG di Asia. Juga, memperkokoh pijakan perusahaan di pasar TV global. Jadi, dampaknya besar sekali. Tidak hanya untuk posisi LG di Indonesia, tapi juga secara global.

“Fasilitas ini akan menjadi tempat pengujian berbagai inovasi terbaru LG yang bakal menjadi bagian pengembangan TV bagi pasar global,” ujarnya.

Dikatakannya pula, pendirian pusat penelitian dan pengembangan LG di Indonesia ini sejalan dengan arahan CEO LG, William Cho.
Saat kunjungannya ke Indonesia pada April lalu, William Cho menekankan pentingnya sepenuhnya melokalkan operasi bisnis untuk memberikan tingkat keunggulan baru dalam kualitas, biaya dan pengiriman.

Diantara yang menjadi peran pokoknya, pusat R&D LG di Indonesia ini akan mengawasi semua proyek penelitian terkait produk TV yang menargetkan pasar global.

Namun pula disisi lain, keberadaannya juga akan berperan untuk mengembangkan berbagai varian baru produk TV LG yang akan lebih ditujukan untuk melayani pasar yang berkembang pesat di Asia dan juga khususnya Indonesia.

Pekerjakan 500 Orang
LG Dirikan Pusat R&D di Indonesia, Jadi Tempat Uji Coba TV Baru untuk Pasar Global

Berdirinya pusat R&D LG di Indonesia bukan tiba-tiba. Langkah ini diawali dari inisiatif LG membuat pusat R&D LG Electronics Indonesia pada 2021 lalu.

Lalu, diikuti pembentukan tim baru dibawah Home Entertainment Company yang merupakan bagian perusahaan LG yang mengkhususkan diri pada pengembangan dan pemasaran produk terkait perangkat hiburan rumah.

Lebih lanjut, untuk mendukung berbagai proyek penelitian dalam fasilitas barunya ini, LG berencana mempekerjakan lebih banyak profesional dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah karyawan menjadi 500 orang pada 2025.



Disamping itu, perusahaan juga akan memperkuat hubungan dengan universitas lokal, meluncurkan proyek kerja sama industri-akademis untuk menemukan bakat baru di berbagai area yang diperlukan.

“Pembukaan pusat R&D di Indonesia ini jadi puncak dari upaya ini dan akan berfungsi sebagai landasan peluncuran inovasi terbaru perusahaan bagi pasar global,” ujar Park Hyoung-sei. Nantinya, Lee So-yeoun akan mengepalai pusat R&D LGdiIndonesia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2934 seconds (0.1#10.140)