Hadirkan Konektivitas Internet Lebih Luas, Alphabet Pakai Teknologi Laser

Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:05 WIB
loading...
Hadirkan Konektivitas Internet Lebih Luas, Alphabet Pakai Teknologi Laser
Taara menggunakan perangkat berbasis laser yang ringkas, ukurannya sebanding dengan lampu lalu lintas, untuk mengirimkan data secara nirkabel, menghilangkan kebutuhan akan kabel serat optik tradisional. FOTO/ TV
A A A
LONDON - Perusahaan induk Google, Alphabet memulai upaya ambisius untuk memperluas akses internet ke daerah terpencil dan kurang terlayani. Raksasa teknologi itu berencana menggunakan teknologi laser untuk mencapai tujuan tersebut.



Sebagaimana dihimpun dari Ubergizmo pada Jumat (30/6/2023), misi ambisius ini akan dilangsungkan lewat proyek bernama Taata yang saat ini konsepnya terus digodok di dalam X (laboratorium inovasi terkenal Alphabet).

Sebenarnya ini bukanlah proyek terbaru, melainkan sudah dicanangkan sejak tahun 2016 setelah upaya sebelumnya dengan balon stratosfer terbukti mahal dan menghadapi tantangan yang signifikan.

Di bawah bimbingan Mahesh Krishnaswamy, Taara telah membuat langkah luar biasa dalam memanfaatkan teknologi laser untuk akses internet. Dalam menjalankannya, Alphabet menggaet penyedia telekomunikasi Bharti Airtel.

Saat ini proyek Taara sedang mempersiapkan penerapan skala besar dari pendekatan inovatifnya itu sementara spesifikasi finansial dari kemitraan ini tetap dirahasiakan, mengingat potensi dampaknya cukup besar.

Krishnaswamy membayangkan menyediakan akses internet hemat biaya untuk konsumen akhir, memastikan keterjangkauan dengan meminimalkan pengeluaran dolar per gigabyte.

Untuk mencapai hal ini, Taara menggunakan perangkat berbasis laser yang ringkas, ukurannya sebanding dengan lampu lalu lintas, untuk mengirimkan data secara nirkabel, menghilangkan kebutuhan akan kabel serat optik tradisional.

Teknologi transformatif ini memungkinkan perusahaan seperti Bharti Airtel membangun infrastruktur komunikasi yang andal di medan terpencil dan menantang.

Randeep Sekhon, Chief Technology Officer Bharti Airtel, percaya dampak Taara melampaui daerah terpencil, dengan potensi untuk merevolusi konektivitas internet di perkotaan.

Dengan mengirimkan data antar gedung, Taara menawarkan alternatif yang hemat biaya untuk proses penggelaran kabel serat optik yang rumit. Sekhon membayangkan pendekatan ini sebagai kekuatan pengganggu dalam industri.

Alphabet telah menunjukkan komitmennya untuk menggapai misi ambisius ini dengan menggelontorkan $10 miliar untuk investasi dan membeli saham senilai USD700 juta di Bharti Airtel. Sayang belum diketahui kapan teknologi laser itu bisa dinikmati di lingkuo yang lebih luas.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5113 seconds (0.1#10.140)