Meta Luncurkan Fitur Pengatur Waktu untuk Instagram dan Facebook, Cegah Online Sampai Larut Malam

Kamis, 29 Juni 2023 - 20:32 WIB
loading...
Meta Luncurkan Fitur Pengatur Waktu untuk Instagram dan Facebook, Cegah Online Sampai Larut Malam
Meta meluncurkan dua fitur baru untuk remaja mengatur waktu agar tidak online di media sosial hingga larut malam. Foto/Meta/Daily Mail
A A A
MENLO PARK - Meta meluncurkan dua fitur baru untuk remaja mengatur waktu agar tidak online di media sosial hingga larut malam. Kedua fitur pengatur waktu ini diterapkan pada Instagram dan Facebook, dua media sosial milik Meta.

Meta meluncurkan dua alat baru untuk mendorong remaja mengatur waktu mereka menggunakan aplikasi media sosial. “Pembaruan ini dirancang membantu remaja mengendalikan waktu online dan orang untuk mendukung anak-anaknya mengatur waktu," jelas Meta dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (29/6/2023).

Fitur baru pertama akan memberitahu remaja jika mereka telah menghabiskan waktu lama di Facebook. Mereka akan melihat pemberitahuan ketika telah menghabiskan 20 menit di Facebook.



“Pemberitahuan ini mendorong mereka untuk mengambil waktu dari aplikasi dan menetapkan batas waktu harian," jelas Meta.

Sementara itu, di Instagram, mereka akan menerima 'nudge’ (dorongan) jika aplikasi mendeteksi mereka menggulir reels di malam hari. "Kami juga mengeksplorasi nudge di Instagram yang menyarankan remaja menutup aplikasi jika mereka menggulir Reel di malam hari," tambah Meta.
Meta Luncurkan Fitur Pengatur Waktu untuk Instagram dan Facebook, Cegah Online Sampai Larut Malam


Fitur-fitur baru tersebut hadir tak lama setelah peluncuran Quiet Mode di Instagram. Ini merupakan fitur yang mendorong pengguna untuk menetapkan batasan dengan teman dan pengikut mereka. Mode Diam membisukan pemberitahuan dan mengirimkan balasan otomatis ke pesan langsung (DM).

Fitur itu juga menambahkan status 'dalam mode senyap' baru di bawah nama profil Instagram, disertai dengan ikon bulan sabit kecil, untuk dilihat orang lain. Pengguna Instagram dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Diam di pengaturan aplikasi dan memilih untuk menyetel jangka waktu untuk mengaktifkannya secara otomatis.



Pengguna juga akan menerima konfirmasi yang menanyakan apakah mereka ingin mengaktifkan Mode Diam setelah mereka menghabiskan 'beberapa menit' di Instagram pada malam hari. Mode Diam sudah tersedia untuk pengguna di Inggris, AS, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, tetapi sekarang akan diluncurkan secara global.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2537 seconds (0.1#10.140)