Seperti Kapal Selam Titan yang Tragis, 3 Senjata Tempur ini Juga Dikendalikan Stik Game

Minggu, 25 Juni 2023 - 11:40 WIB
loading...
Seperti Kapal Selam Titan yang Tragis, 3 Senjata Tempur ini Juga Dikendalikan Stik Game
Kapal selam OceanGate Titan diyakini dikendalikan dengan stik game Logitech F7-10. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Peristiwa tragis dialami kapal selam OceanGate Titan yang hancur pekan ini di dalam Samudra Atlantik. Kapal selam tersebut hancur karena meledak akibat tekanan air laut yang sangat kuat. Akibatnya lima orang penumpang OceanGate Titan tewas seketika.

Peristiwa itu menimbulkan banyak tanda tanya karena kapal selam tersebut terkesan dibuat seadanya. Terlebih lagi penggunaan stik game buatan Logitech yakni Logitech F7-10 di kapal selam tersebut.

"Stik game tersebut membuat banyak orang meledek kenapa ada orang yang mau menggunakan kapal selam yang cuma dikendalikan dengan stik game seperti itu," ujar Peter O'Brien, analis teknologi dari France 24.

Dia mengatakan sebenarnya keberadaan stik game di kapal selam itu itu justru bukan satu hal yang patut dijadikan ejekan. Apalagi dijadikan patokan sebagai salah satu pemicu utama kecelakaan tragis OceanGate Titan terjadi.

"Ada banyak hal lainnya yang membuat peristiwa nahas itu terjadi dan saya berpendapat stik game bukan faktor utama," jelas Peter O'Brien.

Dia mengatakan saat ini penggunaan stik game justru sudah sangat lumrah. Beberapa temuan teknologi terkini mulai dari robot bersenjata, mobil remote control, dan kapal selam juga ada yang menggunakan stik game.

Pertama, dia mencontohkan tentara Amerika Serikat yang sangat sering menggunakan stik game. Misalnnya robot Future Combat Systems yang sepenuhnya dikendalikan degan stik game Xbox 360.

Kedua, ada juga kapal selam USS Colorado yang ternyata juga menggunakan stik game Xbox 360. Stik game itu ternyata digunakan untuk mengendalikan periskop yang ada di kapal selam USS Colorado.

Ketiga, tentara Israel juga melengkapi tank andalan masa depan mereka, Carmel, dengan stik game.Kehadiran stik game itu justru diyakini memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan kemudi tank konvensional.

Jadi gerakan tank Carmel akan jauh lebih taktis dibandingkan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)