Teknologi Militer AS Ini Ungkap Kronologi Meledaknya Kapal Selam Titan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 19:23 WIB
loading...
Teknologi Militer AS Ini Ungkap Kronologi Meledaknya Kapal Selam Titan
Anggota dinas angkatan laut AS mulai menganalisis suara masuk yang diambil dari sistem mikrofon bawah air beberapa detik setelah pejabat diberitahu tentang komunikasi yang hilang dari Titan. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Teknologi sistem deteksi suara Angkatan Laut AS berhasil menunjukkan dengan tepat ledakan kapal selam Titan hanya beberapa jam setelah penyelaman kapal itu berlangsung.



Seperti dilansir dari Sputnik News, penemuan eksklusif Wall Street Journal merinci anggota dinas angkatan laut AS mulai menganalisis suara masuk yang diambil dari sistem mikrofon bawah air beberapa detik setelah pejabat diberitahu tentang komunikasi yang hilang dari Titan.

Mengutip pejabat pertahanan yang mengetahui tanggapan angkatan laut, laporan tersebut mencatat bahwa sistem militer misterius berhasil mendeteksi suara seperti ledakan dari arah situs puing Titan yang telah digariskan sejak lama.

“Angkatan Laut AS melakukan analisis data akustik dan mendeteksi anomali yang konsisten dengan ledakan di sekitar tempat kapal selam Titan beroperasi ketika komunikasi terputus,” kata seorang pejabat senior Angkatan Laut AS kepada Wall Street Journal.

“Meskipun tidak pasti, informasi ini segera dibagikan kepada Komandan Insiden untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung.”

Pejabat pertahanan tidak memberikan informasi tambahan mengenai sistem tersebut dan meminta agar tidak diidentifikasi secara publik karena masalah keamanan nasional; namun, dilaporkan bahwa sistem tersebut digunakan untuk memantau kapal selam musuh.

Perkembangan terakhir terjadi beberapa jam setelah Penjaga Pantai AS mengonfirmasi ledakan kapal selam itu dan mengindikasikan bahwa dua lokasi puing telah digariskan oleh pejabat.

Pejabat menyatakan puing-puing Titan terletak sekitar 1.600 kaki dari haluan RMS Titanic di daerah yang tidak memiliki puing-puing dari kapal yang tenggelam.

Ledakan dengan kekuatan dan kecepatan yang luar biasa karena tekanan air itu menghancurkan kapal selam Titan seketika. Puing-puing kapal yang berada di dasar laut di Atlantik Utara pada kedalaman sekitar 3.800 meter juga ditemukan, dianggap konsisten dengan dampak ledakan hebat yang dialami kapal selamTitan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)