Temui Jinping, Bill Gates Janji Bantu Kemajuan Teknologi China

Minggu, 18 Juni 2023 - 19:05 WIB
loading...
Temui Jinping, Bill Gates Janji Bantu Kemajuan Teknologi China
Bill Gates bertemu Presiden China Xi Jinping Jumat (16)6/2023). FOT/ The Standard
A A A
BEIJING - Pendiri Microsoft Bill Gates bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Jumat (16/6/2023). Dalam pertemuan itu Bill Gates siap dukung kemajuan teknologi asal China.

BACA JUGA - Bill Gates Ungkap Usia Aman Memberi Anak Smartphone

"Presiden Xi selalu percaya bahwa fondasi hubungan China-AS terletak pada rakyat," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing.

Menurut dia, Presiden Xi menyampaikan harapan rakyat China tentang persahabatan yang berkelanjutan dengan rakyat AS.

"Masyarakat harus lebih banyak bergerak dan lebih banyak berkomunikasi agar bisa meningkatkan saling pengertian satu sama lain," kata Wang menirukan ucapan Xi kepada Gates seperrti dilansir Reuters, Minggu (18/6/2023).

Dalam pertemuan tersebut Xi menyampaikan komitmennya untuk membawa China menuju modernisasi.

"Kami tidak akan pernah melangkah di jalan lama yang dibangun kekuatan masa lalu untuk mencari hegemoni," tegas Xi.

Sebab itu, Xi menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan negara lain dalam bidang inovasi teknologi menuju masa depan yang lebih cerah.

"China akan secara aktif berpartisipasi dan berupaya mengatasi tantangan global, termasuk perubahan iklim, tanggap pandemi, dan kesehatan global," kata Xi.

Sementara Gates berjanji akan memperkuat kerja sama dengan China dalam bidang inovasi teknologi, pengentasan kemiskinan, kesehatan masyarakat, penelitian dan pengembangan obat-obatan, pertanian, dan membagi kiat kesuksesan teknologi praktis ke beberapa negara berkembang.

Kunjungan Gates dilakukan beberapa pekan setelah kunjungan pendiri Tesla Elon Musk dan beberapa hari sebelum kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke China yang dijadwalkan pada 18-19 Juni 2023.

Gates berada di China dalam perannya sebagai co-chairman dari The Bill and Melinda Gates Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang dia dirikan bersama mantan istrinya, Melinda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9198 seconds (0.1#10.140)