Simak Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Lebih Bagus Mana?

Jum'at, 16 Juni 2023 - 14:15 WIB
loading...
Simak Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Lebih Bagus Mana?
Perbedaan layar IPS dan AMOLED menjadi pembahasan yang menarik diulas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Perbedaan layar IPS dan AMOLED menjadi pembahasan yang menarik diulas. Keduanya menjadi teknologi layar yang paling umum digunakan pada smartphone modern.

Pada penggunaannya di ponsel modern, layar IPS ataupun AMOLED memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski demikian, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan yang mungkin belum banyak pengguna ketahui. Berikut ulasannya.


Perbandingan Layar IPS dan AMOLED

1. Layar IPS

IPS disematkan untuk jenis layar LCD yang menggunakan panel in-plane switching (IPS). Mengutip laman OnePlus, jenis layar ini menggunakan kristal cair untuk memanipulasi cahaya dan menampilkan gambar.

Awalnya, IPS LCD diciptakan guna mengatasi masalah pada tampilan TFT LCD (thin-film transistor), serta mendukung sudut pandang yang lebih luas dan warna lebih baik.

Pada komponennya, IPS LCD memiliki lampu latar yang mampu menerangi seluruh layar secara merata. Hal ini membuatnya mempunyai tingkat kecerahan lebih tinggi serta visibilitas yang lebih baik ketika berada di bawah matahari.

Terkait kelebihannya, jenis layar ini memang memiliki biaya produksi yang cenderung murah, termasuk ketika dibandingkan dengan AMOLED. Selain itu, IPS LCD juga sering dikatakan memiliki usia pakai cukup lama alias awet.

Di sisi lain, terdapat juga beberapa kekurangan dari layar IPS LCD. Sebut saja seperti konsumsi daya yang lebih boros, tampilan yang dihasilkan kurang pekat, hingga waktu respon yang relatif lebih lambat dari jenis AMOLED.


2. Layar AMOLED

AMOLED adalah singkatan dari Active-Matrix Organic Light Emitting Diode. Terkait statusnya, teknologi layar ini berasal dari OLED sebagai bahan organik utama.

Berbeda dengan IPS LCD, AMOLED mampu menghasilkan tampilan hitam pekat serta rasio kontras yang tinggi. Tak hanya itu, jenis layar ini juga dapat lebih banyak menampilkan warna yang beragam.

Sementara itu, kekurangannya sendiri terletak pada biaya produksinya yang relatif lebih mahal. Selain itu, layar juga rawan burn-in ketika berada di bawah terik matahari.

Terakhir, awet atau tidaknya baterai juga tergantung penggunaan. Biasanya, salah satu yang berpengaruh adalah walpaper. Jika ingin lebih hemat, disarankan menggunakan wallpaper berwarna dasar gelap.

Itulah perbedaan antara layar IPS dan AMOLED yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)