WhatsApp Kenalkan Fitur Channel atau Saluran, Apa Gunanya?

Kamis, 08 Juni 2023 - 17:33 WIB
loading...
WhatsApp Kenalkan Fitur Channel atau Saluran, Apa Gunanya?
Saluran WhatsApp menjadi fitur baru yang membuat pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mengikuti channel tertentu. Foto: dok WhatsApp Indonesia
A A A
JAKARTA - WhatsApp punya fitur baru, namanya Channel atau Saluran. Fitur ini mirip dengan Broadcast Channel yang sudah ada di Instagram

Saluran atau Channel adalah cara sederhana dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

Saluran akan ada di tab baru yang disebut Pembaruan. Saluran adalah fitur siaran satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling.

Untuk membantu memilih saluran yang ingin diikuti, WhatsApp membuat direktori khusus dimana pengguna dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari bisnis, organisasi pemerintah, dan lainnya.

“Anda juga dapat mengikuti sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim dalam chat, email, atau diposting secara online,” tulis WhatsApp.

Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Demikian sebaliknya, nomor telepon Anda juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya ketika Anda mengikuti sebuah saluran. “Siapa pun yang Anda ikuti adalah keputusan pribadi Anda sepenuhnya,”.

30 Hari Pesan Akan Dihapus

Sama seperti proses berkirim pesan, pembaruan dalam Saluran tidak harus selalu ada selamanya. Jadi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari dan akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut.

Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka.

Admin pun berhak untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan di direktori atau tidak.

Untuk Apa Fitur Saluran WhatsApp?

Tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens luas. Saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. “Ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan kami juga sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan,”.

Cara Memulai Saluran WhatsApp

WhatsApp juga bekerjasama dengan organisasi di Kolombia dan Singapura, tempat Saluran pertama kali akan tersedia. “Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan memperluas kehadiran Saluran ke lebih banyak negara dan memberikan kemampuan kepada siapa pun untuk membuat saluran,” tulis WhatsApp.


Tetap Jadi Platform Chatting

Dengan adanya Saluran ini, WhatsApp menambah fitur “media sosial” di platform mereka. Apakah nantinya tujuan WhatsApp akan berubah?

“Esensi dari cara orang-orang menggunakan WhatsApp akan tetap berupa berkirim pesan secara privat antara teman, keluarga, dan komunitas. Hal ini akan tetap menjadi prioritas utama kami,”jawabWhatsApp.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6072 seconds (0.1#10.140)