Tips Memotret lewat HP Menggunakan Setting Default

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:35 WIB
loading...
Tips Memotret lewat HP Menggunakan Setting Default
Pengguna masih bisa menghasilkan foto dan video berkualitas dengan setting standar di kamera Galaxy A54 5G. Foto: dok SEIN
A A A
JAKARTA - Tidak semua pengguna HP ingin memotret menggunakan macam-macam penyetelan. Banyak juga yang ingin langsung mengabadikan momen dengan fitur standar di kamera . Nah, bagaimana caranya?

Faktanya, kamera smartphone saat ini memungkinkan pengguna merekam foto dan video dalam berbagai kondisi pencahayaan. Di kondisi gelap, misalnya, mereka bisa mengaktifkan fitur seperti pro atau night mode.

Tapi, ada juga konsumen yang lebih suka memanfaatkan setting default/normal. Terkait ini, fotografer dan digital creator Dika Fidia S berbagi tips sederhana dalam merekam foto lewat settingan normal atau default mode menggunakan Samsung Galaxy A54 5G. Berikut tipsnya:

1. Aktifkan Grid lines
Tips Memotret lewat HP Menggunakan Setting Default

Grid lines disebut juga Camera Grid. Yakni, alat bantu visual berupa empat garis horizontal dan vertikal yang muncul di layar saat mengaktifkan kamera Samsung Galaxy A54 5G. “Grid lines akan mempermudah memosisikan obyek foto,” beber Dika. Caranya mengaktifkannya:

a. Buka aplikasi kamera
b. Klik pengaturan kamera pada kiri atas layar
c. Geser tombol “Grid lines” untuk mengaktifkan

2. Portrait, Wide, dan Macro

Memilih menu Portrait, Wide, dan Macro di kamera Samsung Galaxy A54 5G sangat mudah. Tapi, dampaknya besar. Portrait Mode menurut Dika akan memberikan efek dramatis pada objek foto. Sementara Wide Mode berfungsi untuk memberi Field of View atau perspektif lebih luas dan memberi kesan “grandeur” di foto Anda.

“Khusus Macro Mode di Samsung Galaxy A54 5G cocok untuk memotret objek yang kecil, seperti serangga, kelopak bunga, atau ketika ingin menampilkan detail objek foto,” ujar Dika.

3. Pertahankan fokus dan cahaya
Tips Memotret lewat HP Menggunakan Setting Default

Agar jepretan tetap fokus dan tidak ngeblur, Dika punya kita khusus. “Setiap hendak memotret, biasakan menekan layar kamera. Saat lingkaran fokus muncul, kunci lingkaran itu. Tujuannya agar fokus dan pencahayaannya tidak berubah. Fokus dan pencahayaan yang tetap akan membantu menghasilkan foto yang tajam dan terang,” bebernya.

4. Cari Momen

Fokus pada momen yang ingin ditangkap. “Selanjutnya, lacak objek foto, tempatkan objek foto di tengah layar kamera menurut panduan grid lines. Lalu, kunci lingkaran fokus, ikuti objek foto yang bergerak dan pertahankan tetap di tengah grid lines. Saat objek foto sudah berada di posisi yang diinginkan, tekan shutter dengan tenang,” pandu Dika.

5. Coba-coba Teknik Fotografi

Dika menyebut, tidak ada salahnya pengguna coba-coba teknik fotografi lewat kameraSamsung Galaxy A54 5G seperti panning untuk menangkap momen dan menghasilkan foto artistik. Teknik panning adalah teknik fotografi untuk membekukan gerakan obyek foto yang bergerak. Ciri foto dengan teknik ini adalah obyek fotonya fokus atau tajam, sedangkan background-nya blur.

6. Hapus Objek Tidak Penting
Tips Memotret lewat HP Menggunakan Setting Default

Setelah jepret foto, tidak ada salahnya untuk memberikan sentuhan digital. Misalnya, menghapuskan objek foto lain yang tak sengaja atau mau tak mau ikut terekam lewat fitur seperti Object Eraser di Samsung Galaxy A54 5G. Caranya:

1. Buka foto yang hendak diolah dari Gallery
2. Klik ikon gambar pensil
3. Klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas
4. Lingkari objek yang hendak dihapus
5. Klik tombol erase

7. Color Grading

Cara color grading tanpa aplikasi tambahan sangat mudah. Caranya, masuk ke Gallery, pilih file video atau foto yang ingin diedit. Pilih menu Edit lalu pilih logo filter > pilih tanda + dan kemudian Create Filter > pilih foto dari Gallery yang punya referensi warna yang diinginkan. Filter siap digunakan.



Selanjutnya, atur Exposure untuk menyesuaikan tingkat kecerahan video dan Contrast agar ketebalan warna berkurang. Lalu, kurangi Shadows untuk meningkatkan kecerahan pada sisi bayangan yang terlalu gelap. “Atur juga Tint menjadi minus untuk mendapatkan efek warna agak hijau. Terakhir, atur temperatur ke arah Warm agar mendapatkan kesan warna kuning,”beberDika.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0956 seconds (0.1#10.140)