5 Cara Memperkuat Akun Gmail, Pengguna Baru Wajib Mencoba!

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:44 WIB
loading...
5 Cara Memperkuat Akun Gmail, Pengguna Baru Wajib Mencoba!
Google Mail atau Gmail merupakan layanan dari Google yang berupa surat elektronik berbasis web. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Google Mail atau Gmail merupakan layanan dari Google yang berupa surat elektronik berbasis web. Karena bersifat penting dan privasi, salah satu layanan Google ini banyak menjadi incaran para Hacker .

Namun para pengguna Gmail tidak perlu khawatir lagi untuk perihal keamanannya. Untuk memperkuat akun Gmail, pengguna dapat melakukan sejumlah cara untuk melindungi akunnya.


Berikut lima cara untuk memperkuat akun Gmail:

1. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Cara memperkuat akun Gmail yang pertama yaitu dengan menggunakan metode perlindungan ganda. Dengan menggunakan cara ini, tidak semua orang bisa mengakses akun Gmail.

Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, pengguna dapat membuka halaman verifikasi 2 langkah dan memasukan akun Google. Kemudian klik mulai dan ikuti setiap tahapan pengaktifannya.

2. Memperbarui Password Gmail Secara Rutin

Memperbarui password Gmail juga menjadi salah satu cara untuk memperkuat akun. Cara ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi apabila password lama telah diketahui oleh orang lain.

Namun perlu diketahui jika akan mengganti password, pastikan harus menggunakan password yang sangat kuat. Pengguna bisa menggunakan kombinasi karakter, simbol, angka serta menggunakan huruf besar dan kecil.


3. Aktif Melakukan Pemeriksaan Keamanan

Mengaktifkan pemeriksaan keamanan sangat perlu dilakukan lantaran untuk menjaga akun agar tidak dibuka atau diakses oleh orang lain. Langkah yang satu ini harus dilakukan secara rutin kita dapat lebih cepat tanggap saat muncul suatu permasalahan di akun kita.

Untuk menggunakan metode ini, pengguna dapat masuk ke fitur Akun Saya. kemudian masuk ke bagian Pemeriksaan Keamanan. Setelah itu, klik tombol mulai dan ikuti setiap petunjuk untuk memeriksa keamanan akun Google.

4. Selalu Memperbarui Sistem Operasi

Perangkat yang aman merupakan perangkat yang selalu mendapatkan update sistem. Setiap pembaruan sistem, pihak pengembang akan menyisipkan pembaruan untuk sistem keamanan di dalamnya.

Dengan begitu, pengguna juga harus memperbarui sistem yang digunakan pada perangkat apapun. Namun perlu diingat, jika dalam pembaruan sistem harus menggunakan sistem terbaru dengan versi stabil.

5. Selalu Logout Ketika Menggunakan Komputer Umum

Ketika menggunakan komputer umum, maka diharuskan selalu Logout usai memasukan akun Google di dalam perangkat tersebut. Selain Logout, pengguna juga harus membersihkan data dan riwayat pencarian di peramban yang telah digunakannya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)