Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh

Selasa, 19 Juli 2022 - 14:56 WIB
loading...
Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh
Cara mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh bisa dilakukan dengan beberapa cara praktis. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kapasitas email yang penuh biasanya jadi masalah yang sering dijumpai oleh pengguna aktif Google Mail (Gmail) . Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari India Today:

Bersihkan Google Drive dan Google Photo
Secara default Google memberikan penyimpanan 15 GB untuk pengguna Gmail gratis. Dan perlu diketahui, penyimpanan ini dibagi juga dengan berbagai layanan Google lain, seperti Google Drive dan Google Photo.

Jadi, jika penyimpanan Gmail penuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengosongkan sejumlah ruang pada Google Drive dan Google Photo. Hapuslah berbagai file yang sekiranya tidak terpakai.

Hapus email berukuran besar
Beberapa email memiliki ukuran yang besar. Beberapa diantaranya bahkan berukuran 25MB karena melampirkan beberapa foto atau video. Nah agar Gmail memiliki ruang, cari dan hapuslah email besar tersebut.

Untuk lebih mudahnya tulis “larger:20m" pada kolom pencarian. Nantinya akan muncul email yang berukuran lebih besar dari 20MB. Hapus semua email tersebut atau beberapa di antaranya untuk mengosongkan ruang.

Hapus email promosi
Pengguna aktif gmail tentu memiliki banyak email promosi. Dan sudah pasti email-email ini tidak terlalu penting. Saat Gmail tidak lagi memiliki ruang, langkah terbaik adalah membersihkan email promosi.

Hapus email usang
Selain email promosi, email yang sudah berusia lebih dari satu tahun biasanya sudah tidak penting. Untuk mencarinya klik "older_than:1y" pada kolom pencarian dan lakukan penghapusan.

Beli ruang penyimpanan ekstra
Jika kalian adalah pengguna aktif Google, alangkah baiknya jika membeli ruang penyimpanan ekstra. Saat ini Google memberikan penyimpanan 200GB dengan harga Rp43 ribu per bulan.

BACA JUGA: 4 Alasan Teleskop James Webb Seharga Rp149 Triliun Hanya Dibekali SSD 68 GB

Apabila itu masih kurang, Google juga menawarkan paket seharga Rp135 ribu perbulan yang memberikan ruang penyimpanan 2 TB. Ini adalah salah satu solusi yang mudah dan tidak merepotkan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2024 seconds (11.252#12.26)