Ketahuan Berbagi Password, Pemilik Akun Netflix Kena Tagihan Tambahan

Rabu, 24 Mei 2023 - 07:28 WIB
loading...
Ketahuan Berbagi Password, Pemilik Akun Netflix Kena Tagihan Tambahan
Netflix mulai melarang berbagi password di antara pemilik akun dengan orang lain. Foto/Variety
A A A
WASHINGTON - Netflix memulai kebijakan baru yang ketat bagi pemilik akun yang ketahuan sering berbagi password . Netflix akan mulai menagih biaya sebesar Rp118.000-an.

Bagi Anda pemilik akun Netflix yang sering berbagi password dengan orang lain perlu mencermati kebijakan baru dari layanan streaming dari Amerika Serikat itu. Untuk saat ini kebijakan itu baru diberlakukan di Amerika Serikat .

Namun hal itu bisa saja diterapkan di Indonesia dalam waktu dekat. Apalagi biasanya kebijakan baru yang ada di Amerika Serikat memang akan segera berlaku juga untuk wilayah lain.



Netflix telah mengumumkan kebijakan tersebut ke pelanggan melalui surat elektronik. Para pelanggan diimbau agar tidak ada berbagi password dengan orang lain. “Akun Netflix Anda adalah untuk anda dan orang-orang yang tinggal bersama Anda,” sebut Netflix dalam surat elektronik itu.

Jika ketahuan berbagi password dengan orang lain tanpa bayar, Netflix akan memblokir perangkat yang digunakan untuk mengakses layanan streaming. Di sisi lain, Netflix masih membuka kesempatan bagi pemmilik akun yang sedang bepergian tetap bisa menggunakan akun mereka ke perangkat-perangkat baru yang ada di hotel atau tempat liburan lainnya.

Netflix sebelumnya menutup mata terhadap tindakan berbagi kata sandi yang dilakukan pemilik akun. Hal itu dianggap sebagai upaya meningkatkan jumlah pengguna Netflix.

Bahkan Netflix pernah mencuitkan dukungan tindakan tersebut pada 2017. Saat itu mereka menuliskan "love is sharing a password" atau sayang itu adalah dengan berbagi kata sandi.



Hanya saja lama kelamaan Netflix melihat pergeseran makna dari berbagi kata sandi. Pasalnya banyak orang berbagi password untuk keuntungan semata.

Mereka kemudian melakukan pembatasan berbagi password di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Portugal, dan Spanyol. Namun langkah itu belum dirasa cukup. Kini Netflix akan mengenakan biaya kepada semua pemilik akun yang ketahuan berbagi password dengan orang lain.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)