YouTube Terdeteksi Loloskan Video Doktrin Kekerasan untuk Anak-anak

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:27 WIB
loading...
YouTube Terdeteksi Loloskan Video Doktrin Kekerasan untuk Anak-anak
YouTube dituding fasilitasi video Kekerasan untuk anak-anak agar bertindak brutal. FOTO/ TECH ADVISOR
A A A
MENLO PARK - Sebuah studi baru menemukan rekomendasi video oleh YouTube mengarah pada video dan gambar senjata kekerasan untuk anak-anak berusia sembilan tahun.



Banyak klip juga bertentangan dengan kebijakan platform terhadap konten kekerasan atau mengerikan.

Dalam sebuah penelitian untuk memahami hubungan antara video YouTube dan kekerasan senjata, peneliti dari kelompok nirlaba di Amerika Serikat (AS).

Dalam riset tersebut mempelajari media sosial dengan membuat akun di platform yang meniru perilaku anak laki-laki Amerika pada umumnya, lapor Xinhua mengutip Associated Press pada hari Rabu.

Peneliti mensimulasikan dua anak berusia sembilan tahun yang sama-sama menyukai video game. Akun-akun itu identik, kecuali yang satu mengklik video yang direkomendasikan oleh YouTube, dan yang lainnya mengabaikan rekomendasi platform tersebut, kata laporan itu.

Akun yang mengklik saran YouTube segera dibanjiri dengan video grafis penembakan di sekolah, video pelatihan senjata taktis, dan instruksi pembuatan senjata api otomatis.

Temuan menunjukkan bahwa terlepas dari aturan YouTube dan upaya moderasi konten, "platform tersebut gagal menghentikan penyebaran video menakutkan yang dapat membuat trauma anak-anak atau mendorong mereka ke arah ekstremisme dan kekerasan," tambah laporan tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)