Ini Fitur-fitur Canggih di Sistem Peperangan Elektronik Rusia

Kamis, 18 Mei 2023 - 11:45 WIB
loading...
Ini Fitur-fitur Canggih di Sistem Peperangan Elektronik Rusia
Electronic Warfare perangkat elektronik yang digunakan Rusia untuk bongkar kelamahan Sistem Patriot AS. FOTO/ The Asian Times
A A A
MOSCOW - Rusia terbukti berhasil menaklukkan senjata-senjata canggih milik NATO hal tersebut diakui Amerika Serikat.

BACA JUGA - Rusia Bongkar Kelemahan Sistem Patriot AS dengan Electronic Warfare

Sistem peperangan elektronik atau Electronic Warfare (EW) milik pasukan anti peperangan elektronik Rusia memiliki kemampuan tinggi dan unggul di palagan perang Ukraina.

Jenderal David T. Pyne, yang sebelumnya menjabat sebagai komandan unit operasi khusus Amerika Serikat (AS), telah menyatakan bahwa kemampuan sistem EW Rusia begitu kuat di perang Ukraina.

Bahkan, sistem EW milik Rusia mampu mengganggu efektivitas bom berpemandu JDAM yang dipasok oleh AS untuk pasukan militer Ukraina. Sehingga, keunggulan itu memberikan keuntungan bagi pasukan Rusia.

Menurut David T. Pyne, sumber militer AS telah mengindikasikan, bahwa jaringan peperangan elektronik Rusia merupakan ancaman yang signifikan terhadap kekuatan yang dianggap Moskow sebagai musuh.

Pyne pun mencatat, bahwa sistem EW Rusia menyebabkan bom pintar buatan AS, juga dikenal sebagai Amunisi Serangan Langsung (JDAM) meleset dari target mereka berulang kali di wilayah Ukraina karena macet.

Ia menambahkan, bahwa hal ini tidak mengherankan. Mengingat keahlian Rusia dalam perang elektronik, khususnya dalam mengganggu GPS jarak jauh, yang tidak dapat ditandingi oleh negara lain mana pun.

Pyne menyoroti doktrin militer Rusia, untuk mencapai keunggulan dan supremasi elektronik di awal konflik apa pun, dan mencatat bahwa Rusia berhasil menggunakan doktrin ini dalam konflik yang sedang berlangsung dengan Ukraina.

Sistem EW Rusia dapat digunakan untuk mengganggu navigasi satelit dan sinyal navigasi, membuat pasukan militer Ukraina tidak mungkin menggunakan amunisi berpemandu dengan presisi.

Sistem EW Rusia unik adalah kemampuannya. Sistem tersebut tidak hanya mengganggu pada radar dan komunikasi musuh.

Tetapi sistem EW Rusia mampu mengganggu navigasi dan sinyal navigasi. Dia mencatat, bahwa sistem jamming EW Rusia memiliki jangkauan yang lebih jauh daripada rekan-rekan Barat mereka, dengan kisaran yang diklaim sekitar 200 hingga 500 km.

Penyimpangan dicapai melalui transmisi kode berbahaya, yang menginfeksi internet dan saluran komunikasi musuh.

Sistem EW juga dapat mengirimkan pesan yang menyesatkan, atau mengecewakan kepada personel militer dan warga sipil oposisi.

Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama Eropa, dikatakan telah memantau pembangunan militer Moskow menjelang invasi pada 24 Februari 2022, yaitu dengan mencatat penyebaran sejumlah besar sistem peperangan elektronik di Ukraina timur yang diduduki Rusia.

Beberapa sistem EW yang digelar Rusia kala itu mencakup TORN and SB-636 Svet-KU signals-intelligence systems, yang dapat menentukan posisi unit militer Ukraina dengan melacak sinyal radio mereka.

Kemudian ada RB-341V Leer-3 yang menggabungkan kemampan drone intai Orlan-10 yang membawa muatan jammer seluler.

Tidak itu saja, Unit peperangan elektronik Rusia juga menghadirkan pos komando di truk KamAZ- 5350, R-934B Sinitsa radio-jammers dan R-330Zh Zhitels yang memblokir jalur komunikasi satelit Ukraina.

Unit peperangan elektronik Rusia telah menjadi begitu kuat, imbasnya juga terkait pada sektor penerbangan yang mengalami gangguan sinyal 16 persen pada Februari, 28 persen pada Maret, dan 58 persen pada April lalu.

Sistem EW Rusia berfungsi paling baik ketika operator mereka memiliki banyak waktu untuk menyiapkan dan mengoordinasikan berbagai fungsi.

Kemampuan sistem EW memungkinkan Rusia untuk membutakan mekanisme peringatan dini dan mengganggu atau secara signifikan menurunkan struktur komando dan kontrol militer lawan potensial, menghalangi kemampuan mereka untuk melakukan operasi ofensif atau defensif.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)