Apple Sedang Uji Chipset Terkencang M3 untuk MacBook Pro, Ini Bocoran Speknya!

Senin, 15 Mei 2023 - 10:39 WIB
loading...
Apple Sedang Uji Chipset Terkencang M3 untuk MacBook Pro, Ini Bocoran Speknya!
Apple sedang menguji chip terkencang mereka M3 untuk MacBook Pro. Foto: dok Apple
A A A
MOUNTAIN VIEW - Apple dikabarkan sedang menguji coba chip terkencang mereka M3 Pro dengan CPU hingga 12 core, GPU 18 core, dan memori 36 GB. Chip tersebut tersebut sedang diuji coba untuk berjalan pada MacBook Pro masa depan yang mengusung sistem operasi macOS 14.

Kabar ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg dalam laporannya di buletin Power On. Berdasarkan log pengembang App Store, Gurman berspekulasi chip tersebut merupakan M3 Pro tingkat dasar.

M3 Pro ini hadir untuk model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci yang kemungkinan dirilis tahun depan. Selain itu, chip M3 Pro akan diproduksi dengan proses 3 Nm TSMC untuk peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang signifikan.

DilansirMacRumors, Senin (15/5), chip M2 Pro tingkat dasar yang saat ini hadir di MacBook Pro 14 inci punya CPU 10 core, GPU 16 core, serta memori 16 GB. Berkaca dengan spesifikasi itu, tak berlebihan jika M3 Pro yang akan datang bakal membawa dua core tambahan untuk CPU dan GPU.

Apple terakhir kali memperbarui MacBook Pro 14 inci dan 16 inci pada Januari 2023. Jadi, besar kemungkinan laptop tersebut tidak akan diperbarui lagi hingga 2024 mendatang.

Apple Sedang Uji Chipset Terkencang M3 untuk MacBook Pro, Ini Bocoran Speknya!

Sebelum meluncurkan M3 Pro, Apple harus terlebih dahulu merilis chip M3 standar. Perusahaan pun dikabarkan sedang mengerjakan MacBook Air dan MacBook Pro kelas bawah yang cocok dengan M3.

Gurman tetap yakin bahwa M3 standar akan rilis akhir tahun ini atau setidaknya awal 2024. Hal ini selaras dengan kabar yang disampaikan oleh tipster Revegnus beberapa waktu lalu. Chip M3 untuk MacBook dan iPad tampaknya harus mengalami penundaan rilis karena masalah produksi.



Perusahaan yang bermitra dengan Apple, TSMC tidak bisa memasok cukup M3 untuk Apple. TSMC sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi chip A17 3nm pada iPhone 15 Pro.

Mereka juga bertanggung jawab untuk chip M3 MacBook Apple. Dengan adanya kabar ini, maka kuat dugaan MacBook Air 15 inci akan mengusung chip M2 atau M2 Pro Apple. Sementara chip M3 bakal mundur hingga tahun 2024.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)