Mengenal Ransomware dan Cara Menghindarinya

Minggu, 14 Mei 2023 - 22:35 WIB
loading...
Mengenal Ransomware dan Cara Menghindarinya
Ilustrasi pelaku cyber crime. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Serangan ransomware benar-benar sangat merepotkan dan berbahaya. Seperti yang menimpa bank swasta di Indonesia. Tidak hanya mencuri data nasabah, pelaku ransomware juga menguras uang nasabah.

Tidak hanya bank, ransomware juga menyerang sejumlah fasilitas lainnya, termasuk data pribadi. Lantas apa sih ransomware? Lalu bagaimana cara mencegah menghindarinya?

Dilansir dari Security Inteligence, ransomware adalah malware yang menyimpan sandera data Anda dan menuntut pembayaran untuk rilisnya. Ini biasanya menyusup ke sistem dengan email phishing atau infeksi situs web.



Ransomware kemudian membuat pijakan, memperluas ke titik akhir lainnya, dan bergerak untuk menemukan, mengumpulkan, mementaskan, dan mengenkripsi data target.

Setelah kerusakan selesai, dia mencakup data dan exfiltrates data untuk digunakan atau dijual di web gelap.

Lantas bagaimana cara melindungi dari serangan ransomware? Ternyata, banyak banyak kelemahan serangan ransomware. Untuk itu, perlu dilakukan langkah pencegahan sebelum ransomware berhasil melakukan serangan.

Untuk meminimalkan serangan ransomware, memperbarui titik akhir, sistem operasi, dan aplikasi.

Gunakan alat manajemen tambalan otomatis untuk mengurangi waktu patch Anda dari hari atau minggu, menjadi jam atau menit. Lalu, tingkatkan produktivitas dan membebaskan sumber daya untuk masalah keamanan lainnya.

Selain itu, Anda harus membangun dan mempertahankan garis dasar keamanan minimum. Masukkan praktik terbaik keamanan ke dalam semua bangunan akhir. Hal ini dapat membantu menghilangkan konfigurasi dan penyimpangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)