Tips Merawat Hardisk Agar Lebih Awet dengan Cara Mudah

Minggu, 14 Mei 2023 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Tetapi jika hardisk memiliki beberapa masalah seperti bad sector, maka setelah menyelesaikan pemindaian, ia akan memperbaiki kesalahan hardisk dan memulai ulang sistem atau menanyakan apakah ingin menjadwalkan hardisk untuk diperiksa pada saat memulai ulang sistem.

2. Lakukan Defragmentasi


Seiring berjalannya waktu, hardisk akan terfragmentasi dengan data yang menyebabkan hardisk bekerja lebih lambat, lebih keras, dan kurang efisien.

Fragmentasi akan memperburuk kesehatan hardisk secara signifikan, karena data baru disimpan dalam fragmen yang menyebabkan meningkatkan kecepatan putaran disk, yang menyebabkan lebih banyak kerusakan selain panas berlebih.

Oleh karena itu, perlu dilakukan defragmentasi hardisk sesekali untuk meningkatkan kesehatan hardisk secara keseluruhan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini dan atur sistem Windows untuk mendefragmentasi hardisk secara otomatis setiap minggu atau setiap bulan:

Tekan Windows+S dan ketik Defragment
Klik 'Defragmentasi dan Optimalkan Drive' untuk membuka alat pengoptimalan disk

Atau, dapat juga denga mengklik kanan pada volume hardisk di dalam File Explorer dan pergi ke tab Properties>Tools, dan klik 'Optimize’.

Pilih hard drive dan klik 'Analisis'
Periksa persentase file yang terfragmentasi
Klik 'Optimalkan,' Jika disk terfragmentasi lebih dari 20% atau lebih

Setelah menyelesaikan proses, drive akan menunjukkan - 0% terfragmentasi di bagian Optimalkan Drive.

3. Hindari Panas Berlebih dan Lindungi Dari Debu dan Kelembaban


Panas berlebih dan paparan debu dapat mengakibatkan hardisk tidak berfungsi, hal ini dapat memperpendek masa pakai hardisk. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mencegah panas berlebih dan mengurangi paparan debu dan kelembapan.

Untuk mengatasi masalah panas berlebih, dapat menggunakan metode pendinginan atau menghindari penggunaan hardisk terlalu lama yang dapat menyebabkan panas berlebih. Selain itu, sediakan ruang yang cukup di antara beberapa hardisk di dalam casing PC untuk menciptakan ventilasi yang memadai.

Untuk menghilangkan debu, bersihkan hardisk dan casing secara rutin dengan menggunakan kain mikrofiber dan sikat. Selalu simpan hard drive eksternal dan server di tempat yang sejuk dan kering.

4. Hindari Sengatan Listrik Statis


Bagian dalam komputer dan komponennya sangat sensitif terhadap listrik statis. Sengatan listrik statis dapat merusak hardisk internal atau eksternal dan komponen PC lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)