Tips Merawat Hardisk Agar Lebih Awet dengan Cara Mudah

Minggu, 14 Mei 2023 - 14:03 WIB
loading...
Tips Merawat Hardisk Agar Lebih Awet dengan Cara Mudah
Tips Merawat Hardisk Agar Lebih Awet. FOTO/ THE VERGE
A A A
JAKARTA - Hardisk adalah perangkat penyimpanan data yang paling umum digunakan di Desktop, Laptop, server, dll. Harganya terjangkau, mudah didapat dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi.



Hardisk juga rentan terhadap kerusakan karena benturan tiba-tiba atau terjatuh secara tidak sengaja. Rata-rata, hardisk memiliki masa pakai 3-5 tahun.

Namun, hardisk dapat rusak kapan saja karena berbagai kesalahan teknis dan kerusakan fisik yang disebabkan oleh kesalahan manusia, malfungsi hardware, infeksi virus, penggunaan driver yang tidak tepat dan masih banyak lagi.

Berikut 8 tips agar hardisk lebih awet.

1. Lakukan pemindaian hardisk


Setelah jangka waktu penggunaan tertentu, hardisk pasti akan mengalami masalah seperti tabel partisi, kesalahan file sistem, masalah perangkat keras atau perangkat lunak, dan masih banyak lagi. Masalah hardisk ini dapat mengakibatkan penurunan masa pakai hardisk dan kehilangan data.

Namun, dengan pemindaian 'chkdsk' secara teratur dapat memperbaiki sebagian besar masalah hardisk dan meningkatkan masa pakai hardisk.

Selain itu, perintah ini juga mengambil informasi yang dapat dibaca dari bad sector dan menyusunnya kembali, serta memperbaiki file yang saling terhubung.

Berikut langkah untuk menjalankan pemindaian ‘chkdsk’:

Tekan Windows+S dan ketik Command Prompt
Klik kanan pada Command Prompt
Pilih 'Run as administrator'.
Ketik chkdsk X: /r /f
Ganti huruf X dengan huruf hardisk dengan huruf hardisk yang ada di komputer dan tekan tombol 'Enter'

Setelah pemindaian, akan ditampilkan laporan analisis chkdsk. Laporan ini akan menampilkan detail pemindaian dan menyelesaikan proses analisis jika hardisk tidak menemukan masalah apa pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3044 seconds (0.1#10.140)