Software Editing Video Profesional Final Cut Pro dan Pro Logic Hadir di iPad, Segini Biaya Langganannya

Jum'at, 12 Mei 2023 - 08:51 WIB
loading...
Software Editing Video Profesional Final Cut Pro dan Pro Logic Hadir di iPad, Segini Biaya Langganannya
Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Final Cut Pro dan Pro Logic bisa digunakan di iPad. Foto: dok Mac Rumors
A A A
JAKARTA - Setelah bertahun-tahun hanya tersedia eksklusif di Mac, Apple akhirnya membawa perangkat lunak editing Final Cut Pro dan Logic Pro ke perangkat iPad. Keduanya akan hadir di App Store iPadOS mulai 23 Mei mendatang.

Apple tidak menjelaskan secara rinci apa yang mendasari perusahaan merilis aplikasi tersebut ke iPad.

Namun, tampaknya Apple ingin membawa pengalaman baru bagi pengguna yang ingin merekam dan mengedit dari perangkat tablet.

Sayangnya, tidak semua seri iPad dapat menggunakan aplikasi ini. Final Cut Pro hanya bisa berjalan di iPad dengan chip M1 ke atas. Sementara untuk Logic Pro hanya tersedia bagi pengguna iPad dengan chip A12 Bionic atau lebih baru. Kedua aplikasi ini membutuhkan sistem operasi minimal iPadOS 16.4.

“Kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan Final Cut Pro dan Logic Pro untuk iPad, yang memungkinkan pembuat untuk melepaskan kreativitas mereka dengan cara baru dan di lebih banyak tempat,” ujar Vice President of Worldwide Product Marketing Apple, Bob Borchers, dikutip dari Mac World, Jumat (11/5),

Software Editing Video Profesional Final Cut Pro dan Pro Logic Hadir di iPad, Segini Biaya Langganannya

Baik Final Cut Pro maupun Logic Pro sama-sama memiliki perubahan dari segi tampilan dan fitur. Final Cut Pro mendapatkan antarmuka sentuh, termasuk jog wheel atau tambahan bulatan yang mempermudah navigasi proses editing.

Kemudian pada aplikasi Logic Pro kini mengusung fitur berdasarkan gerkaan multi-touch. Fitur ini akan sangat berguna untuk melakukan tugas saat mengakses berbagai instrumen digital aplikasi.

Ada peningkatan bagi pengguna Apple Pencil, seperti menggambar langsung ke video. Kemudian di perangkat M2 iPad Pro dapat melakukan skim dan pratinjau tanpa menyentuh layar.

Proyek yang ada di Logic Pro juga dapat ditransfer antar perangkat iPad dan Mac berkat kemampuan roundtrip. Kemudian proyek audio yang dibuat di GarageBand bisa dibuka langsung pada iPad. Sementara untuk Final Cut Pro kini dapat mengimpor proyek yang dibuat di iMovie untuk iOS.

Hal yang cukup menarik, Apple tidak menyediakan kedua aplikasi tersebut untuk dibeli. Sebaliknya, Final Cut Pro dan Logic Pro dapat digunakan dengan cara berlangganan bulanan atau tahunan.

Biaya yang harus dikeluarkan pengguna yaitu USD4,99 per bulan atau USD49 per tahun (sekitar Rp73 ribu dan Rp720 ribu). Apple juga menyediakan opsi uji coba gratis (free trial) selama satu bulan.



Langkah ini menandai besarnya kebutuhan untuk mengedit video secara profesional di tablet seperti iPad. Sebelumnya, peran Final Cut Pro sebagai editing untuk produk Apple digantikan oleh aplikasi seperti LumaFusion yangsangatpopuler.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)