Cara Membersihkan Memori WhatsApp, Lakukan Langkah Sederhana Ini

Jum'at, 12 Mei 2023 - 07:00 WIB
loading...
Cara Membersihkan Memori WhatsApp, Lakukan Langkah Sederhana Ini
Cara membersihkan memori WhatsApp penting dipahami. Foto: Mashable
A A A
JAKARTA - Cara membersihkan memori WhatsApp perlu diketahui. Sebab, memori WhatsApp bisa menjadi penuh dalam waktu yang cepat tanpa disadari. Ini karena besarnya pesan, foto, video, dan file lainnya yang diterima dan dikirim melalui aplikasi.

Apalagi, jika memori HP Anda tidak terlalu besar, seperti 32 GB atau 64 GB. Memori yang habis akan jadi masalah karena membuat HP tidak dapat berfungsi sempurna.

Karena itu, memori WhatsApp perlu dibersihkan. Terutama file-file yang tidak berguna dan tidak penting. Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Hapus pesan dan file yang tidak diperlukan

Hapus pesan teks, foto, video, dan file yang tidak diperlukan dari obrolan individual dan grup.

2. Hapus riwayat obrolan

Hapus riwayat obrolan dari obrolan individual dan grup yang tidak diperlukan. Pilih opsi "Hapus obrolan" dari menu "More" di obrolan dan pilih waktu yang ingin dihapus.

3. Batasi jumlah pesan yang disimpan

Batasi jumlah pesan yang disimpan di setiap obrolan. Pilih opsi "Chat backup" dari menu "Settings" dan atur frekuensi cadangan yang diinginkan.

4. Gunakan aplikasi Cleaner

Gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CCleaner untuk membersihkan file sampah dan cache yang tidak diperlukan. Memang beberapa aplikasi tersebut berbayar. Tapi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bawaan di HP.

5. Hapus file yang tidak terpakai

Hapus file yang tidak diperlukan dari folder WhatsApp di ponsel Anda. Pilih folder "WhatsApp" di penyimpanan internal ponsel dan hapus file-file yang tidak diperlukan seperti file suara atau video yang sudah tidak terpakai.


6. Atur pengaturan unduhan

Atur pengaturan unduhan media agar WhatsApp tidak mengunduh foto atau video secara otomatis. Pilih opsi "Data and Storage Usage" dari menu "Settings" dan atur opsi unduhan sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga agar memori HP tidakcepatpenuh.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4397 seconds (0.1#10.140)